Pengamat: Perdie M Yoseph Pilihan Tepat Calon Wagub Kalteng, Bagi Cagub dari Kotawaringin

IST/BERITA SAMPIT- Perdie M Yoseph

PALANGKA RAYA – Sejumlah nama terus bermunculan menghiasi suasana politik menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Pilkada serentak 2024 mendatang.

Menurut pengamat politik Kalteng, Ricky Zulfauzan, Perdie M Yoseph yang berpengalaman di bidang pemerintahan dan pernah menjadi birokrat serta menjadi eksekutif selama dua periode di Kabupaten Murung Raya, masih muda namun memiliki track record bagus, merakyat dan mampu mendongkrak suara di DAS Barito yang terdiri dari empat kabupaten, bisa menjadi opsi pendamping yang cocok untuk Agustiar Sabran dan H. Abdul Razak, yang merupakan calon kuat gubernur dari wilayah Kotawaringin.

“Bagi bakal calon gubernur dari wilayah Kotawaringin, tentunya nama Perdie M Yoseph bisa menjadi opsi karena keterwakilannya di Wilayah Barito yg merupakan daerah yang DPT cukup besar,” kata Ricky kepada Narasi Kalteng, Senin (1/4/2024).

BACA JUGA:   Pengurus HMI Korkom UPR dan Komisariat FKIP, FEB, Hukum dan Teknik Periode 2023-2024 Resmi Dilantik

Menurutnya, Wilayah Barito dianggap sebagai daerah dengan daftar pemilih tetap (DPT) cukup besar, sehingga kehadiran Perdie M. Yoseph dengan keterwakilan di wilayah tersebut, diyakini mampu meningkatkan peluang kemenangan bagi pasangan tersebut.

Perdie M Yoseph memiliki basis suara yang cukup besar untuk membendung kekuatan lawannya baik calon Gubernur ataupun calon Wakil Gubernur dari daerah Barito, salah satunya H. Nadalsyah (Koyem) yang ramai disebutkan maju calon Gubernur Kalteng akhir-akhir ini.

BACA JUGA:   Survei Indopol: Calon Bupati Kobar 2024 Rakhman Ebol Bersaing Ketat dengan Petahana

“Untuk membendung pengaruh H. Nadalsyah, tentunya dibutuhkan ketokohan dari wilayah Barito yang minimal dapat mengimbangi hegemoni H Koyem di wilayah tersebut” jelasnya.

Dengan pengalaman politik hingga basis yang cukup besar di DAS Barito tersebut, Riki meyakini, Perdie M Yoseph berpotensi kuat mampu melawan calon lawannya dari daerah tersebut.

“Saya rasa Perdie mampu mengimbangi H Koyem di Barito” pungkasnya.

Sementara itu, hingga saat ini sejumlah nama berpotensi kuat maju Calon Gubernur Kalteng, seperti Agustiar Sabran, Abdul Razak, Hingga Nadalsyah masih belum memastikan sosok wakil yang akan mendampingi mereka, sehingga masih besar peluang Perdie M Yoseph maju sebagai calon Wakil Gubernur Kalteng. (Syauqi).