Koramil 1015-05/Tbh Gelar Operasi Yustisi

KASONGAN – Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau covid 19, Koramil 1015-05/ Tbh terus gencar melaksanakan penertiban penggunaan masker melalui Operasi Yustisi Protokol Kesehatan kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan di Desa Tumbang Manggu Kec Sanaman Mantikei, Kab Katingan, Rabu (18/11).
Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat, agar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, supaya dapat terhindar dari penyebaran virus corona.
Masyarakat diberikan edukasi terkait pentingnya penggunaan masker pada masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru, serta penerapan Peraturan Bupati tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 di wilayah Kabupaten Katingan.
Dalam kesempatannya, Danramil 1015-05/ Tbh Pelda Bambang Ij mengatakan bahwa memakai masker ditengah pandemi saat ini hukumnya wajib sehingga apabila menjumpai masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan akan kami berikan sanksi sebagaimana yang telah tertuang dalam Inpres no 6 tahun 2020  tentang penertiban dan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan.
”Adapun maksud digelarnya Operasi Yustisi ini dikhususkan bagi masyarakat yang tidak memakai masker guna menekan laju sekaligus memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19 terutama di wilayah Kabupaten Katingan,” ujar Pelda Bambang Ij.
Pelda Bambang Ij menuturkan bahwa Kami akan terus bergerak melakukan tindakan tegas bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker,serta bagi pelaku usaha yang tidak mentaati protokol kesehatan akan dikasih tiga (3) kali peringatan,jika tidak melakukan perbaikan, tempat usaha tersebut terancam ditutup.
“Kita juga berikan masker gratis kepada warga masyarakat yang tidak memakai masker, pada kesempatan iji kita sekaligus sosialisasikan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. agar masyarakat bisa terhindar dari wabah penyebaran Covid-19,” ujar Danramil 1015-05/ Tbh.
Kegiatan dihadiri oleh Kepala Pol PP Kab Katingan diwaklili olh Kabib Perda ( Bpk Damai), Camat Sanaman Mantikei Bpk Andrei Natanael MAP, Kapolsek Sanaman Mantikei Ipda Saipul, Danramil 1025-05/ Tbs diwakili Serma Heru, Kades Tumbang Manggu, Sugito Margan, Ketua batamt Desa Tumbang Manggu. (Rls)
BACA JUGA:   Target Selesai Sebelum Penutupan, Pos Terpadu Terus Berlanjut