Dispar Lamandau dan Yayorin Edukasi Anak-anak Tentang Lingkungan Lewat Menggambar 

IST/BERITA SAMPIT - Terlihat anak SD Bina Bakti sedang menggambar orang utang di baju kaos saat kegiatan lomba, di SD Bina Bakti, Desa Bina Bakti, Kecamatan Sematu Jaya.

NANGA BULIK – Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau (Dispar) dan Yayasan Orang Utan Indonesia (Yayorin) yang bergerak dalam bidang Edukasi dan Pengembangan SDM, kemarin Senin 23 November 2020 mengadakan lomba melukis kaos dengan tema “Protecting Biodiversity for Healhty Planet” di SD Bina Bakti, Desa Bina Bakti, Kecamatan Sematu Jaya.

Kepala Dispar Lamandau, Meigo melalui Iwan Widaryo Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat dan sekolah untuk peduli terhadap lingkungan, dengan sasaran edukasi kepada anak-anak untuk menanamkan sejak dini.

“Hal ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap anak- anak dalam mengedukasih peduli terhadap lingkungan, dan juga kegiatan tersebut bisa memunculkan kreatifitas anak untuk mengexplore apa yang mereka pikirkan,” jelasnya, Rabu 25 November 2020.

BACA JUGA:   Anggota Babinsa Koramil 1017-01/Bulik Terima Bingkisan Lebaran dari Kasad

Terlihat anak-anak sangat antusias mengikuti lomba tersebut, terdata ada sebanyak 30 anak tingkat SD dari SD Bina Bakti yang mengikuti lomba, dan juga 27 anak tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Bulik.

“Agar tumbuh generasi masa depan bangsa yang berkarakter, dan penuh kasih sayang dan berdaya saing global menuju Generasi Emas Indonesia 2045 yang mencintai lingkungan dan satwa,” ungkapnya.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi masyarakat, dalam melakukan pembinaan terhadap anak-anak yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:   Kasus Asusila Terhadap Anak di Lamandau Menjadi Perhatian Serius

Pihaknya mengharapkan kegiatan tersebut juga dapat menjadi momentum untuk mengajak masyarakat sejak usia dini agar bisa melestarikan satwa liar yang dilindungi seperti orang utan dan juga satwa lainnya.

Selain itu, edukasi kepada anak-anak, kedepannya bisa dapat memberikan dampak yang baik dalam menjaga satwa yang berada di dalam lingkungan mereka.

Sebelumnya, kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan lomba lukis oleh Pramuka Saka Pariwisata di Aula Litbang Gaharu Nanga Bulik, untuk mendorong tumbuhnya kreatifitas dan inovasi anak-anak. (Andre/beritasampit.co.id).