Ditinggal Penghuni ke Kota, Rumah Ludes Dilahap Api

IST/BERITA SAMPIT - Rumah Saifullah yang habis di lahap api.

TAMIANG LAYANG – Rumah milik Saifullah warga Desa Matabu, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur ludes di lahap api, Rabu 23 Desember 2020 sekitar pukul 18.40 WIB.

“Saat kejadian tersebut memang cuaca saat itu hujan dan memang cukup lama rumah tersebut di tinggal penghuninya ke Palangka Raya,” kata Rusli Ketua RT 02 Desa Matabu, di tempat kejadian kebakaran.

Menurutnya, kejadian kebakaran rumah tersebut diduga terjadi korsleting listrik dari ruang belakang atau tengah rumah, karena selama ini memang lampu rumah tersebut tidak pernah dihidupkan dan di tinggalkan penghuninya kurang lebih satu tahun ini.

BACA JUGA:   BKPRMI Bartim Gelar Sertifikasi Ustaz dan Ustazah

Dahulu di rumah tersebut dibuka usaha pencucian mobil, kemudian bengkel motornya memang struktur bangunan berbahan kayu yang gampang terbakar, sehingga hanya sekitar 25 menit saja rumah ludes terbakar api.

“Kami bersama warga hanya mampu berupaya agar tidak menjalar ke rumah tetangga yang berdekatan, dengan menggunakan ember seadanya,” ujar Rusli.

Namun beruntung, mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur cepat datang langsung padamkan api sehingga tidak menjalar ke rumah tetangga.

BACA JUGA:   Kembali Pimpin PKPI Bartim, Arianto Tetap Fokus Kerjakan Program Meski Pandemi Covid-19

Dalam kejadian tersebut beberapa pihak berdatangan ikut membantu, termasuk Polsek Dusun Timur dan timnya, Babinsa maupun pihak PLN untuk amankan lokasi kebakaran rumah tersebut.

“Kalau untuk kerugian berapa nilainya kami tidak tau jelas karena adik pak Saifullah sendiri yang tinggal di belakang rumah yang terbakar, saat ini pulang ke Kecamatan Kalua Kalimantan Selatan menemui istrinya,” pungkas Rusli (udek/beritasampit.co.id).