Wakil Ketua DPRD Katingan Minta Kades Manfaatkan Dana Desa Tepat Sasaran

KAWIT/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah, SP.

KASONGAN – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah berharap agar penggunaan Dana Desa (DD) dapat berimplikasi positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerahnya, khususnya di Kabupaten Katingan.

“Harapan kita dengan semakin besarnya Dana Desa yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat kepada pemerintah desa ada progress positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, bukan kesejahteraan aparatur desa atau kepala desa,” ungkap Nanang, Rabu 04 Januari 2021.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Ketua DPD Golkar ini juga meminta pihak pemerintah desa dalam melakukan penyerapan dan penggunaan Dana Desa dapat membuat program dan kebijakan untuk melakukan pemberdayaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Beberapa desa dalam penggunaan DD yang prinsipnya asal bisa terserap tanpa melihat bagaimana manfaatnya. Namun ukuran atau indikator kesejahteran ini tidak pernah bisa terlihat contohnya seperti meningkatkan SDM dan melihat potensi desa dari sisi UKM yang dimiliki,”sebutnya.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

Ia melihat sebagian besar penggunaan dana desa, selama ini porsinya lebih dominan untuk pembangunan sarana dan prasarana umum, yang menyangkut pembangunan fisik semata.

“Dari satu sisi, masyarakat mengakui bahwa kita ingin pemberdayaan namun di sisi lain mereka juga mengeluhkan kurangnya akses dan infrastruktur, tetapi antara pembangunan infrastruktur dengan pemberdayaan secara umum, kami ingin mendengarkan juga bagaimana bisa disesuaikan dengan kondisi di desa,” tutupnya

(Kawit/beritasampit.co.id)