Vaksinasi Covid-19 Akan Dimulai Pekan Depan

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat mengikuti Ratas secara virtual melalui video conference dari Kantor Bupati Kotawaringin Barat

PALANGKA RAYA – Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengenai Penanganan Pandemi COVID-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi, secara virtual Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menghadiri rapat tersebut melalui video conference dari Kantor Bupati Kotawaringin Barat. Rabu 6 Januari 2021

Dalam rapat ini Presiden Jokowi menyampaikan bahwa vaksinasi akan dilakukan secara bertahap, dan tahap pertama akan dimulai pekan depan. Pemerintah telah memesan sebanyak 329.500.000 vaksin, yang pengaturannya akan dilakukan oleh Menteri Kesehatan.

Adapun jumlah dosis vaksin yang telah dipesan (firm order), yaitu dari Sinovac 3.000.000 yang sudah tiba di tanah air dan ditambah lagi 122.500.000, kemudian dari Novavax 50.000.000, dari COVAX/GAVI 54.000.000, dari AstraZeneca 50.000.000, dan dari Pfizer 50.000.000 vaksin.

BACA JUGA:   Politisi Gerindra Kalteng Minta Vaksin Covid-19 Segera Digunakan

“Oleh sebab itu, saya minta supaya betul-betul dilakukan kontrol dan pengecekan semua kesiapan oleh para Gubernur” kata Presiden RI Joko Widodo.

Pada kesempatan ini pula Presiden kembali menegaskan bahwa strategi kita dalam menangani pandemi ini tetap sama, yaitu yang pertama urusan penanganan kesehatan, kedua perlindungan sosial, dan ketiga berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

Untuk itu, penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) serta 3T (testing, tracing, treatment) dalam rangka mengendalikan penyebaran agar betul-betul bisa dilakukan di lapangan.

BACA JUGA:   Protokol Kesehatan Harus Selalu Menjadi Prioritas Utama

“Saya minta kepada para Gubernur agar menggencarkan kembali yang berkaitan dengan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Karena berdasarkan survei, memang disiplin terhadap protokol kesehatan ini menurun,” pungkasnya.

Turut pula hadir mendampingi Gubernur antara lain Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah, Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng Darliansjah, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Dinas PUPR Prov. Kalteng Shalahuddin, dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Sri Suwanto.

(Hardi/Beritasampit.co.id)