Ribka Tjiptaning Bilang Vaksin Sinovac Barang Rongsokan dari China

Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning. (dok istimewa)

JAKARTA– Anggota Komisi Kesehatan DPR RI Ribka Tjiptaning kembali melontarkan pernyataan kontroversial terkait vaksin corona.

Politikus PDIP menyebut vaksin corona Sinovac sebagai barang rongsokan.

“Saya sudah bilang negara tidak boleh berbisnis dengan rakyatnya. Sinovac ini kan kalau kebetulan saya punya banyak teman di China. Sebetulnya Sinovac ini, istilahnya apa ya, barang rongsokanlah di sana itu. China sendiri sudah jarang pakai Sinovac sebenarnya,” kata Ribka dalam rapat kerja di Parlemen Senayan, Rabu (13/1/2021).

BACA JUGA:   Cegah Bullying, Dede Yusuf: Butuh Peran Sekolah Beri Pendidikan Karakter Anak

Ribka menilai, harusnya Indonesia mengoptimalkan produksi vaksin Merah Putih buatan anak bangsa dibandingkan menggunakan Sinovac.

“Kenapa Merah Putih tidak kita seriuskan lagi sehingga lebih ya sudah ambil Sinovac aja istilahnya,” tegas Ribka yang juga seorang dokter ini.

Ribka yang juga seorang dokter kembali menjelaskan mengapa dirinya menolak divaksin. Sebab menurutnya, vaksin yang hari ini telah disuntikkan kepada pejabat VVIP dan figur publik, termasuk Presiden Joko tersebut belum jelas keamanannya.

BACA JUGA:   Mercy Barends Desak Kementerian ESDM Blacklist Pihak Ketiga Proyek PJUTS

Ribka pun mengaku sudah ditegur partainya PDIP, karena menolak divaksin.

“Saya sampai ditegur partai saya, enggak tahu yang lapor siapa. Tapi buat saya konsekuensi logis. Buat saya ini keamanan rakyat. Saya juga wakil rakyat,” pungkas Ribka Tjiptaning.

(dis/beritasampit.co.id)