Dapat Panggilan Telepon Luar Negeri, Hati-Hati Penipuan

SAMPIT – Salah seorang warga Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad (55), merasa aneh karena mendapat panggilan telepon internasional. Apalagi dia merasa tidak punya kerabat di luar negeri.

Ia mengaku, mendapatkan missed call (panggilan tak terjawab) dari nomor telepon +26661862637, Jumat malam lalu.

“Ada telepon masuk sekitar pukul 8 malam. Mau saya angkat, tapi terus mati. Setelah saya cek nomornya agak aneh tidak seperti nomor telepon biasanya,” kata dia, Senin 25 Januari 2021.

BACA JUGA:   K3S SD Cerdas Membangun Baamang Gelar Rapat Bahas Teknis Pembelajaran Tatap Muka

“Setelah saya coba tanya ke seorang teman, baru saya tahu itu nomor luar negeri, tepatnya dari negara Lesotho, sebuah negara di Afrika Selatan,” timpalnya lagi.

Dari saran temannya ia diminta mengabaikan dan tidak menelepon balik, karena diduga modus penipuan.

Dari informasi yang dihimpun beritasampit.co.id, kejadian ini bukan hal baru. Bahkan sering dialami warga beberapa waktu lalu. Asal negara si penelepon pun bermacam-macam.

BACA JUGA:   Pulau Lepeh Akan Dijadikan Kawasan Wisata Buaya

Dari beberapa sumber pemberitaan, penipuan ini diketahui sudah terjadi sejak awal 2000-an. Modus ini konon pertama kali berasal dari Jepang dan disebut Wangiri (panggilan tak terjawab, bahasa Jepang).

Selain bijak bermedia sosial, tentunya kita juga harus waspada jika mendapat telepon dari nomor asing dan tidak kita kenal. (Jun/beritasampit.co.id).