Memakai Masker Mampu Minimalisir Penyebaran Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat membagikan masker di flamboyan Bawah.

PALANGKA RAYA – Dalam kebiasaan hidup baru ditengah pandemi Covid-19 mewajibkan setiap orang harus menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah terus menggaungkan kebiasaan hidup baru tersebut, diantaranya wajib Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Meminimalkan Pertemuan.

Demikian juga dilaksanakan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi (Kalimantan Tengah (Kalteng) saat membagikan masker kepada masyarakat di lingkungan pemukiman Flamboyan Bawah, Minggu 7 Februari 2021.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, Riviko mengatakan ditengah pandemi Covid-19 ini new normal atau kebiasaan hidup baru ini merupakan kewajiban yang harus ditaati oleh setiap orang, yaitu, Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan meminimalkan pertemuan guna meminimalisir terjadinya penularan dan penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:   Terkait Dugaan Malpraktik, RSUD Doris Ungkap Penanganan yang Dilakukan Sudah Sesuai Prosedur

“Covid-19 dapat di minimalisir penularannya dengan menggunakan masker. Karena masker berfungsi mencegah dan melindungi seseorang dari Covid-19 yang cara penularannya dapat melalui mulut dan hidung. Covid-19, cara penularannya melalui udara dari seseorang yang sebelumnya telah terinfeksi Covid-19,” kata Riviko.

Ketika ada seseorang yang sehat tetapi tidak menggunakan masker berada di dekat orang yang terinfeksi Covid-19 juga tidak menggunakan masker, kemudian orang yang terinfeksi Covid-19 tersebut batuk atau bersin mengeluarkan udara melalui mulut dan hidung melalui partikel terkecil udara dapat menularkan Covid-19 ke orang lain.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

Itulah sebabnya pentingnya menggunakan masker secara baik dan benar, sebab masker pelindung utama ketika berada di antara orang-orang tersebut.

“Harapan kami, dengan dibagikannya masker kepada masyarakat di lingkungan pemukiman Flamboyan Bawah, yang dilaksanakan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng sosialisasi dan edukasi pada Minggu, 7 Februari 2021, masyarakat dapat lebih termotivasi untuk taat menggunakan masker dan juga taat menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya,” ucapnya. (Hardi/beritasampit.co.id).