Hari Raya Imlek, Kemenag Kalteng : Dirayakan Secara Sederhana dan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

IST/BERITA SAMPIT - Kakanwil Kemenag Kalteng Abdul Rasyid

PALANGKA RAYA – Dalam mencegah penyebaran covid-19, Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah mengimbau umat Kong Hu Cu untuk memperingati Hari Raya Imlek 2572 Kongzili, yang jatuh pada Jumat 12 Februari 2021, secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah Abdul Rasyid mengutip pernyataan Menag RI Yaqut Cholil Qoumas, Kamis 11 Februari 2021.

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah Abdul Rasyid, kepatuhan atas protokol kesehatan mutlak dilakukan mengingat masih terjadi peningkatan angka kasus positif covid-19 di Indonesia.

“Indonesia dan dunia sedang mengalami pandemi Covid-19. Saya kira umat Kong Hu Cu juga menyesuaikan diri bahwa perayaan Imlek itu bisa dirayakan dengan cara yang sederhana,” kata Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah Abdul Rasyid.

BACA JUGA:   Bimas Kristen Kemenag Kalteng Doa Bersama Agar Pandemi Segera Berakhir

Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah Abdul Rasyid menambahkan, Kemenag pusat menyampaikan dirinya sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh Kong Hu Cu dan tokoh Tionghua untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama perayaan Imlek tahun ini. Salah satunya, dengan melakukan perayaan secara virtual.

“Dan untuk wilayah Kalimantan Tengah, kami juga telah menyampaikan melalui Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota bahwa perayaan Imlek sebisa mungkin dilakukan secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Misalnya, saling mengunjungi atau silaturahmi bisa diganti dengan cara-cara yang bisa menjaga satu dengan yang lainnya dari pandemi Covid-19. Termasuk dengan cara virtual.

BACA JUGA:   Ruselita Apresiasi Kebijakan Pemkot Palangka Raya Soal Stimulus PBB-P2

Kakanwil mengimbau umat Kong Hu Cu menjadikan Hari Raya Imlek sebagai momentum untuk refleksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Ia mengajak umat Kong Hu Cu berdoa supaya bangsa Indonesia dan umat manusia terbebas dari pandemi covid-19.

“Mari kita kembalikan ajaran-ajaran Tian dan memaknainya bahwa agama ini diturunkan untuk memuliakan sesama manusia, menjaga sesama manusia, melindungi sesama manusia dengan kebaikan-kebaikannya. Selamat merayakan Imlek kepada umat Kong Hu Cu kita semua berharap diberkati untuk tahun yang akan datang,” ucapnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)