Operator Dapodik Malas Update Usulan Berimbas Pada Bantuan

RUSAK BERAT : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Salah satu bangunan fisik SMP Satu Atap di Kecamatan Pulau Hanaut rusak berat.

SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mengingatkan kembali pentingnya update Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Alasannya, bantuan pemerintah pusat acuan salah satunya melalui data tersebut.

“Fungsi Dapodik itu sangat vital karena semua data sekolahan baik guru, siswa bahkan sarana dan prasarana ada di aplikasi tersebut sehingga, harus benar-benar ter-update dengan baik,” ujar Kepala Disdik Kotim Suparmadi kepada wartawan media siber beritasampit.co.id, Selasa 2 Maret 2021.

Dia menjelaskan, untuk meng-entry Dapodik merupakan tugas operator sekolah. Untuk itu, diharapkan ada kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan operator supaya yang di entry sesuai dengan data sebenarnya.

BACA JUGA:   Sejumlah Jalan di Kecamatan Mentaya Hulu Kembali Alami Rusak Parah Akibat Dilintasi Mobil TBS Melebihi Beban

Bantuan pembangunan fisik melalui pemerintah pusat misalnya, kata dia, dana yang digunakan adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan salah satu rujukan ada di Dapodik.

“Saya tegaskan bahwa bantuan DAK bidang pendidikan tidak hanya mengacu pada Dapodik bahkan melalui musrenbang, akan tetapi, Musrenbang hanya sebagai penyeimbang apabila tidak bisa dibantu di APBD bisa diusulkan melalui APBN,” ujar Suparmadi yang juga menjabat Ketua Kabupaten PGRI Kotim ini.

BACA JUGA:   Tiket Penerbangan Lewat Sampit Jelang Lebaran Kian Mencekik

Dia menambahkan, semua usulan yang masuk melalui Dapodik akan dikroscek kembali, apabila tidak sesuai data dan usulan maka pemerintah pusat berwenang untuk menolak.

“Saya imbau operator sekolah jangan sampai malas update Dapodik, apabila malas akan berimbas pada bantuan yang akan dikucurkan sesuai dengan usulan,” pungkasnya. (ifin/beritasampit.co.id).