Minat Baca di Perpustakaan Dongkrak Prestasi Pelajar

WAWANCARA : HARDI/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Widanarni diwawancara di kantornya, Selasa 9 Maret 2021.

PALANGKA RAYA – Berbagai terobosan yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam meningkatkan kunjungan masyarakat di perpustakaan daerah, seperti kegiatan lomba yang memacu masyarakat khususnya di kalangan pelajar untuk meningkatkan prestasi.

“Lomba yang kita laksanakan seperti lomba menulis resensi buku tentang budaya Kalteng dan berpidato menggunakan bahasa Inggris terkait budaya di Kalteng, ini merupakan salah satu upaya kita dalam menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya pelajar,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Sri Widanarni di kantornya, Selasa 9 Maret 2021.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

Selanjutnya Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng akan melaksanakan lomba bercerita dan lomba lainnya dalam upaya meningkatkan literasi kalangan masyarakat.

Dengan dilaksanakan event-event tersebut diharapkan dapat merangsang masyarakat terutama pelajar untuk bisa berprestasi dengan mencari referensi melalui buku-buku dan gadget.

Terkait masalah gadget, Sri menegaskan untuk gunakan gadget dengan baik untuk mencari ilmu pengetahuan dan mengukir prestasi. Gadget harus digunakan dengan cara yang tepat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Musnahkan Barang Bukti Narkotika Sitaan dari Tersangka di Empat Wilayah Kabupaten/Kota

“Dalam hal ini tentunya orang tua juga tidak mau anaknya kecanduan gadget, karena di zaman sekarang ini semua orang tentunya menggunakan gadget untuk melakukan aktivitas, sehingga dibutuhkan upaya agar gadget itu bisa bermanfaat untuk mereka,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).