BLT Dana Desa Bakal Kembali Disalurkan

Sekertaris Dinas Sosial PMD Sukamara Sutiyono

SUKAMARA – Sekertaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sukamara Sutiyono mengatakan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD akan kembali disalurkan bagi masyarakat miskin.

Sutiyono mengatakan bahwa tahun ini jumlah penerima BLT DD juga diperkirakan akan mengalami penurunan karena ada beberapa kriteria penerima.

“Kalau tahun kemarin ada kelonggaran karena memang berdampak oleh pandemi Covid-19, tetapi kalau untuk sekarang akan lebih ketat, sesuai dengan ketentuan yang ada,” jelas Sutiyono, Jumat 12 Maret 2021.

BACA JUGA:   Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah

Sutiyono menerangkan jika dalam menentukan penerima BLT DD, desa melakukan rapat khusus agar bantuan yang akan disalurkan tepat sasaran oleh warga yang tersebut benar-benar berhak.

“Misalnya jumlah penerima yang tadinya 75 KK sekarang tersisa 18 KK saja. Selain itu, yang jumlahnya 304 KK dan 360 KK mungkin sekarang tinggal 78 KK saja,” jelasnya.

BACA JUGA:   H Windu Subagio Tegaskan Tidak Akan Maju Pada Pilkada Sukamara 2024

Dalam menentukan penerima BLT DD tersebut, setiap jumlah KK merupakan keputusan bersama antara pihak desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ditetapkan dalam musyawarah desa dengan dihadiri semua pihak terkait lainnya.

“Jadi ini benar-benar dimusyawarahkan dan atas kesepakatan bersama dalam menentukan siapa yang menjadi penerima BLT DD ini,” tukas Sutiyono.

(enn/beritasampit.co.id)