Waspadai Ancaman Covid-19 Semakin Ganas di Tempat Wisata Saat Libur Panjang

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

JAKARTA– Tempat rekreasi di sejumlah wilayah mengalami peningkatan jumlah pengunjung pada libur Isra Mi’raj, Kamis (11/3/2021), dan berpotensi masih akan meningkat hingga akhir pekan ini, sementara perlu diwaspadai ancaman covid-19 semakin ganas dengan ditemukannya varian baru B.1.17 di Indonesia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata/Kemenpar berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata di setiap daerah, agar memastikan pengelola tempat-tempat wisata harus menetapkan penerapan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumuman, dan mengurangi mobilitas) secara ketat.

“Serta melakukan pembatasan jumlah pengunjung, dan jam buka-tutup yang telah disesuaikan dengan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat/PPKM,” kata Bamsoet, Jumat, (12/3/2021).

BACA JUGA:   Penting Dibangun Komitmen Kebangsaan Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Kemenpar, kata Bamsoet, harus berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Dinas Pariwisata di setiap daerah, untuk melakukan pengawasan, baik terhadap kelengkapan sarana dan prasarana maupun infrastruktur di setiap tempat wisata.

“Agar sesuai dengan standar protokol kesehatan, seperti ketersediaan tempat mencuci tangan dengan sabun, penyemprotan desinfektan secara berkala, hingga memastikan proses antrian tetap harus menjaga jarak,” tutur Bamsoet.

Politisi Golkar itu juga meminta pemerintah, tegas memberikan sanksi dan menutup tempat rekreasi atau tempat-tempat wisata tersebut, apabila didapati pengelola wisata yang melanggar ketentuan-ketentuan dalam protokol kesehatan ataupun tidak memfasilitasi sarana prasarana dan infrastruktur penunjang protokol kesehatan di tempat rekreasi atau wisata tersebut.

BACA JUGA:   Ramadan Tiba, Legislator Golkar Dorong Pemda Jaga Stabilitas Harga Pangan

“Mendorong pemulihan ekonomi dengan meningkatkan kegiatan pariwisata di Indonesia yang juga seiring dengan upaya pemulihan kesehatan. Mengingat pentingnya untuk mengutamakan kesehatan, MPR meminta pemerintah, dalam hal ini Kemenpar, juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata dan bijak dalam memilih tempat wisata,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)