Satu Tahun Pandemi, Kalteng Urutan 16 Kasus Konfirmasi Covid-19

SUASANA : IST/BERITA SAMPIT - Suasana Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu 17 Maret 2021.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, dalam kesempatan itu rapat di buka secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya secara virtual melalui video conference, Rabu 17 Maret 2021.

Pada kesempatan itu Habib Ismail Bin Yahya membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, pada tanggal 17 Maret 2021 sudah satu tahun Kalteng menetapkan status darurat bencana pandemi Covid-19, kemudian ditingkatkan menjadi Status Tanggap Darurat Bencana Pandemi Covid-19 pada tanggal 20 Maret 2020.

Seperti diketahuti Perkembangan covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah sampai pada tanggal 16 Maret 2021 sebagai berikut, jumlah yang terkonfirmasi positif sudah mencapai 15.391 orang. Kasus konfirmasi positif covid-19 di Kalteng berkontribusi sebesar 1,08 persen terhadap total kasus konfirmasi positif covid-19 tingkat nasional.

BACA JUGA:   PMI Kalteng Apresiasi PMI Gunung Mas Berikan Layanan Sosial Operasi Katarak Gratis

Provinsi Kalimantan Tengah berada pada urutan ke-16 jumlah kasus konfirmasi covid-19 terbanyak se-Indonesia. Dalam perawatan sebanyak 1.442 orang. Presentase dalam perawatan Provinsi Kalimantan Tengah sama dengan Nasional. Jumlah total keseluruhan yang sudah sembuh sebanyak 13.551 orang, dengan ini tingkat kesembuhan covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah lebih tinggi dari tingkat kesembuhan secara Nasional.

Habib mengapresiasi kerja keras seluruh lini yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Covid-19, baik di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota. Khususnya para tenaga kesehatan yang telah berjibaku merawat pasien bergejala sampai dengan saat ini. Namun hal ini harus terus ditingkatkan mengingat kasus kematian hingga saat ini sudah mencapai 398 orang.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Buka Pasar Ramadan di Mentaya Hulu

“Oleh karena itu, saya minta dukungan penuh dari Bupati dan Walikota bersama dengan seluruh pemangku kepentingan di tingkat Kabupaten dan Kota. Pastikan dukungan anggaran vaksinasi tersedia secara memadai, pastikan seluruh sarana prasarananya memadai, kemudian petugasnya terlatih dan jumlahnya memadai, serta pelaksanaan vaksin massal agar diperbanyak,” ucapnya.

Selain itu untuk meningkatkan koordinasi antar tingkatan Satgas, habib meminta intensifkan kembali pelaksanaan rapat-rapat satgas secara rutin dan terukur target-targetnya sehingga setiap perkembangan dan permasalahan dapat dimonitor secara rutin dan dapat diselesaikan secara cepat.

Dalam rapat tersebut hadir Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, dan instansi lainnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)