Bupati Lamandau Minta Badan Kerjasama Antar Desa Segera Dibentuk

ANDRE/BERITA : Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, memberikan arahan pada acara syukuran hari jadi ke 16 Kecamatan Sematu Jaya, di Kecamatan Sematu Jaya, Selasa 23 Maret 2021 siang tadi.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, meminta agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamandau bisa memfasilitasi Kecamatan Sematu Jaya, untuk membentuk Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD).

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, disela-sela kegiatannya saat menghadiri acara syukuran hari jadi ke 16 Kecamatan Sematu Jaya, di Kecamatan Sematu Jaya, Selasa 23 Maret 2021

Menurut Hendra, keberadaan BKAD sangat penting dalam mewujudkan desa mandiri, sehingga pemanfaatan pengembangan, pembangunan di desa, bisa dirasakan oleh semua pihak.

BACA JUGA:   KORAL Ajak Masyarakat Lamandau Peduli Reptil

“Saya berharap ini bisa menjadi atensi bersama seluruh pihak baik Kepala Desa, Camat, maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dalam rangka bersama-sama memajukan desa sehingga bisa masuk dalam kategori desa mandiri,” ujar Bupati Lamandau, H Hendra Lasmana

Ia meneruskan, secara geografis wilayah Kecamatan Sematu Jaya, sangat mendukung, dari segi Sumber Daya Manusianya, maupun mata usaha ataupun bisnis sangat relevan.

“Jadi tidak ada alasan lagi. Saya harap desa-desa yang ada di Kecamatan Sematu Jaya, bisa mandiri,” Jelasnya.

BACA JUGA:   Polisi Perketat Keamanan di Gereja Kota Nanga Bulik

Hendra menambahkan, jika dilihat dari aspek pengembangan SDM, serta kelengkapan akses layanan dasar di Kecamatan Sematu Jaya, sudah cukup dan memenuhi standar, hal ini terlihat dari bagaimana masyarakatnya bisa mengakses bidang kesehatan, maupun bidang pendidikan, dengan mudah.

“Kelebihan yang dimiliki oleh Kecamatan Sematu Jaya, hendaknya menjadi acuan, dan ini merupakan salah satu parameter desa untuk menjadi mandiri dan diharapkan dengan membangun BKAD semua desa yang dalam kategori maju bisa meningkat jadi desa mandiri,” pungkasnya.

(Andre/beritasampit.co.id)