Dinsos Mulai Antisipasi Gepeng saat Ramadan

WAWANCARA : Hardi/BERITA SAMPIT - Kasi Rehabilitasi sosial (Rehsos) Anak dan Lanjut Usia Ekha Raya E Dohong, Selasa 23 Maret 2021.

PALANGKA RAYA – Mengantisipasi maraknya Gelandangan pengemis (gepeng)setiap bulan puasa, membuat Dinas Sosial Kota Palangka Raya melakukan tindakan pencegahan terkait hal tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Rehabilitasi sosial (Rehsos) Anak dan Lanjut Usia Ekha Raya E Dohong saat berada di Kantor Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Selasa 23 Maret 2021.

“Dalam hal ini Dinas Sosial Kota Palangka Raya, melakukan tindakan pencegahan terkait hal tersebut seperti, melakukan patroli pengawasan ketempat-tempat rentan dikunjungi para gepeng apalagi menjelang hari besar,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pj Wali Kota Palangka Raya Berikan Hibah untuk Masjid Agung Kecubung Darurrahman

Selain itu juga mengakukan imbauan dan edukasi untuk terkait hal tersebut, sehingga itu merupakan upaya dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya dalam melakukan pencegahannya. Sebenarnya mereka datang dari provinsi tetangga dan dari luar pulau Kalimantan Tengah.

“Gepeng itu jarang ada yang dari Kota Palangka Raya karena berdasarkan dari KTP para gepeng tersebut berasal dari luar daerah. Sehingga mereka memilih Kota Palangka Raya, sebagai tempat untuk melakukan kegiatan minta-minta, karena masyarakat Kota Palangka Raya banyak yang baik hati,” ucapnya.

BACA JUGA:   Peluang Fairid Naparin Menang di Pilwalkot Palangka Raya Masih Besar

Selain itu Dinas Sosial Kota Palangka Raya, rutin melakukan pengawasan terkait hal tersebut, terutama saat bulan puasa. Selain itu terkait pembinaan, pihaknya selalu melakukan penyandaran kepada gepeng tersebut.

“Selain itu melakukan bimbingan Eko-Sosial, dan bimbingan spiritual. Meskipun sudah dilakukan pembinaan, mereka terkadang kambuh kembali untuk melakukan hal tersebut,” jelasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)