Siap Hadapi Karhutla, TNI dan Polri Kalteng Menjadi Percontohan Daerah Lain

HARDI/BERITA SAMPIT - Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko (kanan) saat cek sarana dan prasarana penanganan karhutla di lapangan Polda Kalteng.

PALANGKA RAYA – Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko, cek langsung sarana dan prasarana yang dimiliki Polda Kalteng dan Korem 102/Pjg dalam hadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalteng, Rabu 31 Maret 2021.

Pengecekan itu dilakukan di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya. Dalam pengecekan itu, Anang diperlihatkan fungsi dari masing-masing alat dalam melakukan tugasnya untuk memadamkan api.

Untuk Polda Kalteng menonjolkan mobil pemburu api, yang dimana mobil tersebut sangat efektif dan efisien dalam memadamkan api, serta dapat digunakan sebagai mobil sosialisasi pola kearifan lokal dalam membuka lahan.

BACA JUGA:   Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Kahayan Ditutup, Hingga Hari ke Tujuh Belum Ditemukan

Selanjutnya, dari Korem 102/Pjg menonjolkan stik tusuk gambut (dodos), yang dimana fungsi alat tersebut untuk memadamkan api di lahan gambut dari dalam.

“Dalam hal ini kesiapan dari TNI, Polri sebagai pertanggungjawaban bahwa negara siap dalam penanganan karhutla. Selain itu upaya preventif dan pencegahan menjadi hal utama dalam mencegah terjadinya karhutla,” katanya.

BACA JUGA:   Fairid Siap Maju Kembali pada Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Anang percaya Polda Kalteng dan Korem 102/Pjg dapat mengantisipasi karhutla. Sehingga dirinya berharap, hal ini sebagai percontohan untuk daerah lain dalam mengatasi karhutla.

Dalam kegiatan itu, dihadiri Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan Kabinda Kalteng Brigjen Pol. M. Slamet Urip Widodo. (Hardi/beritasampit.co.id).