Jumlah Lulusan SMA Kalteng Daftar Kuliah di UPR Meningkat Tajam

M.SLH/BERITA SAMPIT - Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE., M.Si saat foto bersama dengan dua orang perwakilan ujian tulis berbasis komputer gelombang pertama yang ditandai dengan kartu peserta.

PALANGKA RAYA – Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Palangka Raya (UPR) tahun 2021 mencapai 4.405 orang.

Pelaksana UTBK tersebut dilaksanakan dengan dua gelombang, pada gelombang pertama diikuti oleh 2554 peserta yang dimulai tanggal 12- 18 April 2021. Untuk gelombang kedua dilaksanakan tanggal 26 April- 02 Mei 2021 yang diikuti sebanyak 1851 peserta.

Kegiatan UTBK UPR tahun 2021 dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Palangka Raya Nomor : 849/UN24/AK/2021 tentang pembentukan panitia Pelaksana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), UTBK dan SBMPTN.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UPR Dr. Andrie Elia S.E., M.Si didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan Prof. Dr. Sulmin Gumiri, M.Sc., Selaku Wakil Ketua Panitia UTBK, beserta Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan UPR Dr. Ir. Berkat M.Si dan Sekertaris Panitia SBMPTN UTBK UPR tahun 2021, Iring SE, M.Si, serta dihadiri oleh para Dekan dan pimpinan lembaga yang ada di UPR.

Ketua Panitia Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS yang diwakilkan oleh wakil Ketua Panitia Prof. Dr. Sulmin Gumiri, M.Sc., memaparkan bahwa sekitar 98% peserta adalah lulusan SMA dan SMU di Provinsi Kalteng. “Kita patut bersyukur dan bangga bahwa animo lulusan SMA dan SMU di Kalteng untuk masuk UPR meningkat sangat tajam tahun ini,” tuturnya.

Hal ini mencerminkan semakin baiknya kualitas UPR dan juga hasil nyata dari kerja keras Tim Promosi yang telah bekerja luar biasa dengan bergandengan tangan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, untuk sosialisasi door to door ke semua SMA dan SMU di Kalteng, tentang keberadaan dan perkembangan kemajuan di UPR saat ini.

BACA JUGA:   Kalapas Sampit dan Ka KPLP Raih Predikat Camlaude Wisuda di UPR

“Kami ucapkan terima kasih dan sampaikan perasaan bangga kepada Bapak Rektor yang telah berhasil meningkatkan animo masyarakat Kalteng untuk menyekolahkan anak-anak mereka di Universitas Palangka Raya,” kata Profesor Sulmin.

Secara nasional, UPR juga diminati oleh para lulusan SMA dan SMU dari 17 provinsi lain di Indonesia luar Kalteng, mulai dari Aceh ujung paling barat hingga Provinsi Maluku Indonesia Timur.

“Peta distribusi anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UPR mencerminkan bahwa UPR semakin dikenal luas di tanah air dan sangat berpotensi untuk menjadi universitas papan atas di Indonesia pada masa-masa yang akan datang, apalagi kalau dikaitkan dengan posisi UPR yang sebentar lagi menjadi sebuah universitas yang berada di daerah penyangga Ibu Kota Negara Republik Indonesia,” jelas Sulmin.

Dikesempatan yang sama Rektor UPR Dr. Andrie Elia mengatakan bahwa, minat calon mahasiswa baru untuk mendaftar diri melalui jalur SBMPTN  berbagai fakultas dan program studi di UPR tahun 2021 memang meningkat.

Tercatat peminat UPR yang terdaftar di LTMPT  tahun ini sebanyak  6.443 orang, terjadi peningkatan sebanyak 829 orang atau sebesar 14,8 %,  jika dibandingkan dengan tahun 2020 yang tercatat 5.614 orang.

BACA JUGA:   BEM UPR Ancam Demo Bank Kalteng Jika Kartu ATM Beasiswa TABE Tak Kunjung Dicetak

“Jika dilihat dari data peserta yang mengikuti UTBK tahun ini, terjadi peningkatan yang signifikan, untuk pilihan Saintek/Soshum dan Campuran berjumlah 4.405 orang. Terjadi peningkatan sebesar 27% dibandingkan peserta pada tahun 2020 lalu sebanyak 3.477 orang,” tutur Andrie Elia.

Peningkatan ini, menurut Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng tersebut, sebagai indikator berhasilnya promosi tentang UPR, menjadi spirit dan energi baru untuk terus berupaya agar menjadi lebih baik, maju dan berkembang bersama membesarkan UPR.

“Sesuai dengan visi UPR untuk menjadi Universitas maju dan terkemuka, mempunyai daya saing dan dikenal di tingkat Nasional bahkan Internasional,” ujarnya.

Melalui acara tersebut, Andrie berpesan kepada Panitia Pelaksana UTBK, baik Tim teknis, IT, Medis, Koordinator Pelaksana, Pengawas Ruangan, dan semua komponen yang terlibat agar memastikan pelaksanaan UTBK di lingkungan UPR dijalankan sesuai SOP Petunjuk teknis yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk  Perguruan Tinggi (LTMPT). Serta Penerapan Protokol Covid-19 secara ketat seperti yang tertuang dalam surat komitmen bersama antara panitia UTBK UPR dengan Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya.

“Kita berharap, dengan dijalankannya SOP dan protokol Covid-19, serta perlindungan yang sempurna dari Tuhan Yang Maha Esa, baik peserta dan panitia aman dan sehat wal’afiat. Kami yakin bahwa pilihan kalian memilih UPR adalah pilihan yang tepat dan terbaik untuk menggapai cita-cita dan harapan masa depan yang gemilang,” ungkap Andrie Elia. (M.Slh/beritasampit.co.id).