TPS Ambrol, DPRD Katingan Minta DLH Segera Perbaiki

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Katingan Gimak Bulinga

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Gimak Bulinga meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan agar segera memperbaiki Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ambrol.

Harapannya ini diungkapkannya kepada sejumlah media, Selasa pagi 20/4 Arpil 2021, usai mengikuti paripurna penetapan pembahasan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), yakni Raperda LKPj Bupati Katingan tahun anggaran 2020 dan Raperda tentang penyertaan modal terhadap Bank Kalteng cabang Kasongan, di DPRD setempat.

IST/BERITA SAMPIT – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ambrol.

Pasanya, jika tidak segera diperbaiki, lambat laun, dirinya khawatir bukan sampah di kawasan jalan Soekarno Hatta saja yang menumpuk, tapi akan ada lagi tumpukan sampah-sampah lainnya.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Gelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 dengan Cara Unik

“Karena, menurut informasi TPS jenis ambrol yang rusak bukan hanya satu unit saja, melainkan ada beberapa unit lainnya lagi,” terang legislator PDI Perjuangan ini.

Selanjutnya, dia juga menyarankan kepada DLH setempat agar melakukan penambahan atau pengadaan lagi TPS jenis ambrol dimaksud. Sebab, kalau hanya berharap ambrol yang ada sekarang tentu saja tidak cukup untuk menampung sampah-sampah yang ada di kota Kasongan ini.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

Kalau tidak cukup untuk menampung sampah-sampah di Kasongan ini, lanjutnya, tentu saja akan berdampak terhadap lingkungan. Maksudnya, sampah yang dibuang oleh masyarakat bisa meluap ke luar TPS tersebut.

“Akhirnya, akan merusak pemandangan dan tata kota di ibukota Katingan ini,” pungkas anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini.

(Kawit/Beritasampit.co.id)