Sejumlah Pegiat UMKM Kalteng Dilatih Maksimalkan Keuntungan

IST/BERITA SAMPIT - Kelas Klinik Bisnis yang diselenggarakan secara virtual.

PALANGKA RAYA – Sejumlah pegiat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Kelas Klinik Bisnis secara virtual, tentang penggunaan aplikasi pembukuan usaha oleh Tim Klinik Bisnis, Rabu 5 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Iqlima Zainuri memaparkan materi pembukuan keuangan usaha sangat penting, karena keuangan merupakan tombak dalam meningkatkan penjualan usaha.

“Ketika keuangan kita terkendala, nah di sini sangat penting teman-teman bisa mengambil ilmu tentang mengelola keuangan yang baik dan benar,” ucapnya.

Sementara itu, CEO Klinik Bisnis Monica Putri Rasyid, memberikan apresiasi kepada tim Klinik Bisnis yang telah mampu menyelenggarakan Kelas Klinik Bisnis tersebut.

Dia berharap, melalui Kelas Klinik Bisnis yang dimotori langsung atas arahan Abdul Rasyid Foundation, dapat menjadi jembatan pegiat UMKM bisa mengelola keuangan mereka dengan rapi sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.

BACA JUGA:   Bawaslu Kapuas Nyatakan Sejumlah TPS Diduga Lakukan Pelanggaran Administratif Pemilu

“Tentunya, ilmu yang akan disampaikan beliau akan menjadi hal yang sangat berharga, apalagi bila kita dapat mengaplikasikannya dengan baik,” lugasnya.

Hal senada juga disampaikan Andarto selaku pemateri dan juga Konsultan Pengembangan UMKM KPW Bank Indonesia Kalteng. Dalam bimbingan yang berlangsung, dirinya mengajak pegiat UMKM untuk memiliki tekad kuat agar melakukan pembukuan dalam setiap usahanya.

“Minimal pencatatan pengeluaran dan pemasukan harus dicatat dan ingat harus ada perbedaan keuangan usaha dan keuangan pribadi,” tegasnya.

Ia juga memberikan semangat dan memberikan jaminan bahwa pencatatan yang baik akan memberikan banyak keuntungan dalam menjalankan sebuah usaha.

BACA JUGA:   Bappedalitbang Gelar Pelantikan Ahli Madya dan Ahli Pertama

Andarto yang juga sempat menjadi Konsultan di Wilayah Sumatera Selatan ini membagikan tips dan trik pencatatan melalui aplikasi yang dimotori langsung oleh Bank Indonesia.

“Bank Indonesia sendiri memiliki aplikasi SI APIK yang memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan pembukuan, dan teman-teman UMKM dapat menggunakannya,” jelasnya.

Andarto menerangkan, bahwa aplikasi SI APIK dapat digunakan melalui desktop maupun mobile android. Bahkan menurut Dia, aplikasi ini tidak hanya berupa pencatatan namun dapat menyajikan hasil analisis laporan keuangan serta melihat kinerja keuangan secara komprehensif.

“Aplikasi tersebut memiliki banyak keunggulan tampilan yang mudah digunakan, dapat diakses secara gratis, memiliki fitur backup dan restore sehingga memberikan perlindungan yang aman dalam penyimpanan data,” terangnya. (Hardi/beritaaampit.co.id).