Seluruh Madrasah di Kalteng Harus Berinovasi Tingkatkan Tata Kelola Lembaga

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Rasyid.

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Rasyid, meminta seluruh madrasah di Provinsi Kalteng untuk meningkatkan tata kelola lembaganya. Banyak hal yang harus terus menerus diperbaiki dan disesuaikan dengan perkembangan saat ini.

Hal itu disampaikan Kakanwil Kemenag Kalteng melalui Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Kalteng Baihaqi, Rabu 5 Mei 2021. Kata dia berbagai upaya peningkatan tata kelola madrasah harus terus dilakukan.

“Perkembangan sistem manajemen modern begitu pesat. Belum lagi pengaruh teknologi informasi, sehingga tata kelola madrasah harus disesuaikan,” katanya.

BACA JUGA:   Yuas Elko Membuka Gelar Seni Budaya Hari Perempuan Internasional

Tata kelola madrasah akan berkaitan dengan kemajuannya sebagai lembaga pendidikan. Prestasi siswa sebagai salah satu indikator kemajuan madrasah pun bisa didapat dari tata kelola madrasah yang baik.

Kemudian, kepala madrasah sebagai seorang leader harus bisa menggerakkan manajemen tata kelola yang baik. Potensi madrasah dikumpulkan dan dijadikan kekuatan penggerak untuk kemajuan madrasah.

“Jadikan irama yang sama dari seluruh warga madrasah sehingga mekanisme tata kelola itu melibatkan semua unsurnya,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Kepala Bappeda Litbang Kalteng Hadiri Musrenbang RKPD Pulang Pisau

Dia meminta seluruh madrasah di Kalimantan Tengah untuk membuka cakrawala berpikir. Tidak ada salahnya mengadopsi tata kelola madrasah lain yang sudah maju dengan melakukan inovasi dan penyesuaian dengan kondisi yang ada di daerah masing-masing.

“Kalau mau mengadopsi lembaga lain, tentu tidak dilarang. Ambil yang sekira tepat dengan kondisi di Kalimantan Tengah, kemudian lakukan pengembangan, inovasi sehingga bisa maju dengan ciri khas Kalimantan Tengah,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).