4 Desa di Parenggean Diberikan Pembinaan BUMDES

PEMBUKAAN : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Wabup Kotim Irawati membuka Pembinaan BUMDES di gedung Posyandu Mawar, Desa Karang Sari, Kecamatan Parenggean, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Ada 4 desa yang dilibatkan untuk mengikuti pembinaan tersebut.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten menyambut baik dengan harapan pengurus BUMDES mampu mengembangkan potensi yang ada di desa masing-masing,” kata Bupati Kotim yang dibacakan Wakil Bupati Kotim Irawati pada saat membuka Pembinaan BUMDES di gedung Posyandu Mawar, Desa Karang Sari, Kecamatan Parenggean, Selasa 25 Mei 2021.

BACA JUGA:   Oknum Polisi yang Digerebek Istri Sah Bersama Pasangan Selingkuhnya Dituntut Penjara oleh Jaksa

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kotim Hawianan melaporkan bahwa peserta pembinaan BUMDES terdiri dari 4 BUMDES yakni, Desa Karang Sari, Mekar Jaya, Karang Tunggal dan Bajarau.

“Ada beberapa desa yang belum maksimal menjalankan BUMDES, kami selaku pembina berupaya mendorong semua BUMDES yang sudah terbentuk untuk diberikan pelatihan,” ujarnya dihadapan yang hadir.

BACA JUGA:   Kelompok Tani di Cempaga Tegas Meminta PT BSP Segera Selesaikan Ganti Rugi Lahan yang Belum Dibayar

Sekretaris Camat Parenggean Hery Bardi mengungkapkan, BUMDES yang ada di Kecamatan Parenggean banyak yang belum maksimal dikarenakan gabung di BUMDES Bersama.

“Sementara ini, anggaran diarahkan ke BUMDES Bersama,” ucapnya.

Nara sumber tenaga fungsional penggerak swadaya masyarakat desa pada Dinas PMD Kotim, Eddy Mashami dan Sutimin, serta BUMDES Kabupaten Kotim. (ifin/beritasampit.co.id).