KPU Kalsel: PSU Pilgub Kalsel Berjalan Lancar

Salah seorang warga di Banjarmasin Selatan gunskan hak pilihnya pada pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020, Rabu 9 Juni 2021.//Ist-Antaranews Kalsel;

BANJARMASIN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan, Sarmuji,

menyatakan, pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel tahun 2020 pasca putusan Mahkamah Konsitusi (MK) yang berlangsung hari ini berjalan lancar.

Menurut Sarmuji, lancarnya pelaksanaan PSU Pilgub ini didukung pula kondisi cuaca yang baik, tidak diterpa hujan di daerah-daerah, tidak seperti pada pelaksanaan Pilgub Kalsel pada 9 Desember 2020 lalu yang sebagian wilayah terdampak hujan lebat.

“Alhamdulillah, PSU Pilgub dan wagub berjalan lancar dan aman tidak ada keributan. Saya memantau tadi hingga pukul 10.30 WITA sudah 60 persen pemilih datang ke TPS di daerah Kabupaten Banjar,” ujarnya saat dihubungi Antara, Rabu 9 Juni 2021.

Menurut dia, PSU Pilgub Kalsel tahun 2020 di Kabupaten Banjar ada pada lima kecamatan, yakni, Sambungan Makmur, Martapura, Astambul, Matraman dan Aluh-Aluh.

BACA JUGA:   TNI AL Temukan Titik Lokasi Tenggelamnya KMP Yunicee

Berdasarkan data KPU Provinsi Kalimantan Selatan, jumlah TPS untuk PSU Pilgub Kalsel di Kabupaten Banjar tersebut sebanyak 502 TPS dengan total pemilih yang terdaftar sebanyak 152.577 orang.

Dia pun memperkirakan partisipasi pemilih pada PSU Pilgub Kalsel tahun 2020 ini akan naik daripada pada pelaksanaan Pilgub tahun 2020 pada 9 Desember 2020 lalu, untuk semua daerah pemilihan di PSU Pilgub ini. “Moga sampai perhitungan ini berjalan terus lancar,” ucapnya.

Sementara, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah, usai memantau pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel tahun 2020 di Kecamatan Banjarmasin Selatan pun menyatakan tidak ada kendala yang berarti di semua TPS.

“Tidak ada laporan yang genting, ada persoalan sedikit di TPS, semua dapat diselesaikan, artinya beres, aman dan lancar,” ujarnya saat di kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Bahkan dari pantauannya langsung ke TPS dan laporan yang masuk hampir rata-rata TPS sejak hingga pukul 10.30 WITA, sudah di atas 50 persen pemilih datang dan menggunakan hak pilihnya.

BACA JUGA:   Ketua KPU RI Apresiasi Antusias Warga di PSU Pilgub Kalsel

Di mana di Banjarmasin Selatan yang gelar PSU Pilgub Kalsel 2020 tersebut disebanyak 301 TPS, dengan total pemilih sebanyak 107.782 orang, dengan target partisipasi pemilih 79 persen.

Selain PSU Pilgub Kalsel di tujuh Kecamatan di Kabupaten Banjar dan satu Kecamatan di Kota Banjarmasin, yakni, Banjarmasin Selatan, terdapat juga 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, hingga total suara yang mengikuti PSU Pilgub Kalsel 2020 ini sebanyak 266.736 jiwa. Total sebanyak 827 TPS.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 adalah, Paslon nomor urut 1, H Sahbirin Noor dan H Muhidin, Paslon nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.

(BS-65/beritasampit.co.id)