TNI Bentot bersama Bhabinkamtibmas Gelar Sosialisasi Cegah Karhutla

TAMIANG LAYANG – Bala Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1012-02/Bentot, Serka Nuzuli bersama Masyarakat Peduli Api melaksanakan patroli dan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Bentot, Kecamatan Pantangkep Tutui, Sabtu 12 Juni 2021.

Serka Nuzuli mengatakan, patroli bertujuan untuk memastikan titik rawan kebakaran dan juga memberikan sosialisasi dan memberikan contoh kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan yang dapat merugikan semua pihak.

BACA JUGA:   Tanpa Henti, Kejar Target Sasaran Fisik TMMD ke-112

“Kita mengajak beberapa warga, kita lakukan patroli mendatangai daerah yang kita anggap rawan terjadinya kebakaran, sekaligus kita memberikan himbauan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk kepentingan apapun,” kata Serka Nuzuli.

Ia menuturkan, pelaksanaan patroli serta sosialisasi karhutla merupakan salah satu upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat sebab karhutla banyak merugikan masyarakat, baik dari segi kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

BACA JUGA:   Kehadiran TMMD ke 112 Makin Perkuat Semangat Gotong-Royong

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Polsek Pantangkep Tutui, Bripka Marko mengatakan, dengan patroli ini masyarakat lebih peduli serta berperan aktif dalam melakukan langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Bahayanya sudah jelas, membuka lahan dengan cara dibakar akan menimbulkan kabut asap yang berdampak pada pernafasan. Kalau sanksinya adalah denda miliaran rupiah dan penjara,” jelasnya.

(Adr/beritasampit.co.id)