Denzibang Palangkaraya Bekali Mahasiswa Dengan Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan

(Ist-dok.Denzibang/Plk

PALANGKA RAYA – Perkembangan atau kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini tentu membawa pengaruh di berbagai bidang kehidupan, salah satunya bidang sosial dan budaya. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam memperoleh informasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Saat ini, Informasi dengan mudah diperoleh, baik yang bersifat positif maupun negatif. Namun apabila tidak disaring dapat berdampak buruk pada kehidupan sosial masyarakat, terlebih lagi bagi generasi muda, pelajar dan mahasiswa yang merupakan generasi penerus Bangsa.

Melihat perubahan zaman sebagai akibat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, Denzibang 2/XII/Palangkaraya Zidam XII/Tpr terpanggil untuk memberi bekal pengetahuan kepada generasi muda khususnya mahasiswa dengan Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan.

Pembekalan materi Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan diberikan kepada sedikitnya 20 mahasiswa dari, Universitas Kristen Palangkaraya (UNKRIP), Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP), Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Palangkaraya.

BACA JUGA:   Anggota Satgas TMMD Ikuti Acara Sambut Bulan

Letkol Czi Gerald Nusra selaku pemateri menyampaikan, pembekalan yang diberikan adalah dengan mengedepankan bagaimana menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah bangsa Indonesia yang majemuk, saling menghormati dan menghargai antar anak bangsa, mengamalkan Pancasila dan UUD 1945, serta memiliki rasa nasionalisme yang tinggi untuk membangun bangsa dan negara.

“Wawasan Kebangsaan kami bekali kepada para mahasiswa agar mereka memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, menyadari bahwa persatuan dan kesatuan harus dipegang teguh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Letkol Czi Gerald Nusra, Rabu 16 Juni 2021.

Ditambahkan, materi Kepemimpinan juga diberikan kepada mahasiswa, untuk bekal nantinya di dunia kerja, dimana sebagai calon pemimpin yang memiliki intelektual harus dapat memimpin bawahan dan mampu menjadi perencana yang baik serta memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam memimpin.

BACA JUGA:   Tahap Akhir Renovasi RTLH Warga Desa Rantau Keminting

“Sebagai generasi muda, diharapkan mereka juga harus mampu melihat potensi dan peluang serta mengelola sumber daya manusia dan sarana pendukung untuk mencapai tujuan organisasi,” imbuhnya.

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan yang dilaksanakan di Aula Deszibang Palangka Raya ini juga dihadiri staf pengajar dari ketiga perguruan tinggi tersebut, diantaranya, Dedi Arianto Banus, S.Pd, M.Ed, Linda Baktiani, ST, MT, Yosevina, ST, Msc, Miming Virganinda, ST, MT, Maretina Ekasinta, ST, MT, dan Ridha Respatih, ST, MT.

Sementara personel dari Denzibang, yakni Lettu Czi Panca S, Peltu Eko Wardoyo, Sertu Y. Segah dan Serda Susanto, sebagai pemateri.

(Sumber : Rilis-Zidam XII/Tpr)