Pemdes Harus Lebih Berinovasi Membangun Desa

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Komisi II DPRD Mura, Maria Hetty, SE.

PURUK CAHU – Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Murung Raya (Mura) diharapkan dapat berinovasi, hal ini guna meningkatkan kemampuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Sekretaris Komisi II DPRD Mura, Maria Hetty mengharapkan agar desa mampu berinovasi melalui lintas sektor yang ada sesuai dengan potensi yang dimiliki dan menggali potensi tersebut.

Karena menurutnya, selama ini di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan pada umumnya usulan yang disampaikan sebagian besar adalah terkait dengan infrastruktur.

Menurut Politikus Nasdem ini, bahwa pembangunan infrastruktur ini akan berdampak juga pada peningkatan ekonomi dari berbagai sektor, baik pendidikan, kesehatan, pertanian, industri, dan sebagainya.

BACA JUGA:   Bapemperda DPRD Mura Setujui 6 Raperda Usulan Pemkab

“Muara pada kemajuan pembangunan desa dan peningkatan kesejahateraan masyarakatnya, makanya perlu sebuah inovasi,” kata Maria, Selasa 22 Juni 2021.

Di samping itu, Ia juga mengharapkan agar desa dapat memanfaatkan potensinya dari sektor-sektor yang ada dan bisa mengembangkannya untuk meningkatkan perekonomian yang ada di desa.

“Karena itu kita mendorong desa untuk berinovasi sebagaimana visi dan misi dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah (Pemda) yakni untuk melakukan inovasi terlebih lagi dengan adanya Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD),” ujar Maria.

BACA JUGA:   DPRD Mura Imbau Masyarakat Persiapkan Diri Mengikuti Tes CPNS Dan PPPK Tahun 2021

Lebih lanjut Maria mengatakan, melalui dana desa ada terobosan yang seharusnya sudah dimulai oleh desa, baik itu terkait dengan industri, pertanian maupun pariwisata.

“Pemerintah juga melalui SOPD terkait bisa memberikan suport, sehingga apa yang sudah dimulai desa juga bisa berkelanjutan dengan baik,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).