Jumlah Pencari Kerja yang Memohon Kartu AK1 di Seruyan Meningkat

KUALA PEMBUANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Seruyan mencatat sekitar 518 pemohon pembuatan kartu tanda pencari kerja atau AK1 di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hatantiring, saat ini mengalami peningkatan dari hari-hari biasanya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Disnakertrans Kabupaten Seruyan, Budi Rahman melalui Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Ansar Sudiat. Dikatakannya, meningkatnya permintaan pembuatan kartu AK1 ini sejak dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 di kabupaten setempat.

BACA JUGA:   Bupati Seruyan Minta PT Gawi Bahandep Sawit Mekar Bantu Air Bersih untuk Warga Sungai Kalua

“Untuk pembuatan kartu kuning atau AK1 hingga saat ini ada peningkatan dari hari-hari biasanya, di mana untuk jumlahnya saat ini ada sekitar 518 orang pemohon,” kata Ansar Sudiat saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara jika dibandingkan dari tahun sebelumnya, saat dibukanya CPNS juga yaitu ada sekitar 900 orang pemohon pembuatan kartu AK1 atau kartu tanda pencari kerja. Tambahnya, secara umum untuk pemohon yang membuat kartu AK1 didominasi mereka yang melengkapi persyaratan untuk mendaftar CPNS.

BACA JUGA:   OFI Gelar Kampanye Orangutan di Desa Telaga Pulang

“Dari awal Juli ini yang ingin membuat kartu AK1 sudah mengalami peningkatan, karena kalau di hari-hari biasanya paling sekitar dua atau tiga orang saja, mamang ada juga beberapa yang lain barengan, tetapi kebanyakan mereka yang ingin mendaftar CPNS,” pungkasnya.