Dua Rumah Sakit di Kalteng Segera Dilengkapi Generator Oksigen

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Dr.dr.Suyuti Syamsul.//ANTARA/Muhammad Arif Hidayat;

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) segera menerima bantuan berupa dua generator oksigen dari Pemerintah Pusat dan pihak swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Dr.dr. Sayuti Syamsul, mengatakan, dua bantuan generator oksigen itu  nantinya akan ditempatkan di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya dan Rumah Sakit dr Murjani Sampit. Namun belum diketahui pasti kapan bantuan generator oksigen tersebut akan diterima di Kalteng, karena saat ini masih berproses.

“Karena besar, memerlukan listrik sekitar 40 ribu watt. Di Doris untuk mengakomodir wilayah tengah dan timur, serta rencananya satu lainnya di RSUD Murjani untuk mengakomodir wilayah barat,” kata Kadiskes Kalteng, dikutip dari Antara, Senin 16 Agustus 2021.

BACA JUGA:   PAN Kalteng Kembali Raih Kursi di Senayan, Syauqie Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Kalteng

Lebih lanjut Suyuti memaparkan, mengenai pengoperasian generator oksigen tersebut untuk kebutuhan sumber daya petugasnya dirasa tidak ada kendala, karena hanya memerlukan pelatihan dalam waktu yang tidak begitu lama.

Ia pun mengatakan, dirinya tidak tahu secara pasti mekanisme kerja dari generator oksigen dimaksud, hanya saja pastinya ada output oksigen yang bisa dipakai untuk pasien.

Apabila nantinya generator oksigen dimaksud sudah ada dan telah difungsikan, maka disampaikannya, setidaknya bisa menurunkan kebutuhan oksigen dari pemasok hingga sekitar 10 persen.

BACA JUGA:   Pj Wali Kota Palangka Raya Berikan Hibah untuk Masjid Agung Kecubung Darurrahman

Sebelumnya diketahui Pemprov Kalteng berencana berinisiatif membeli generator oksigen untuk menanggulangi masalah kebutuhan oksigen yang kian meningkat di masa pandemi Covid-19.

“Namun rencana berubah dan kami tidak jadi melakukan pengadaan, karena ada dua bantuan oksigen generator dengan kapasitas besar yang akan datang tersebut,” jelas Suyuti.

Pemprov bersama pemkab dan pemkot se-Kalteng terus berupaya secara maksimal memenuhi kebutuhan oksigen untuk medis, khususnya dalam rangka penanganan pasien Covid-19.

(BS-65/beritasampit.co.id)