Pemprov Kalteng Harapkan Sejumlah Raperda Selesai Sesuai Target

Wagub Kalteng Edy Pratowo.//Ist-ANTARA/handout-MMC Kalteng;

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menginginkan sejumlah rancangan peraturan daerah (Raperda) yang dibahas bersama DPRD bisa selesai sesuai target yang ditentukan.

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, mengatakan pada masa persidangan II tahun sidang 2021 telah dibahas lima raperda.

Raperda-raperda dimaksud merupakan target penting dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat Kalimantan Tengah. Adapun raperda tersebut meliputi tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana, cagar budaya, pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2020, pengelolaan daerah aliran sungai, serta lainnya.

“Kami harapkan pada masa persidangan III ini raperda-raperda tersebut dapat diselesaikan. Khususnya raperda tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana yang telah memasuki tahap akhir, kami harapkan bisa selesai dengan cepat,” kata Edy Pratowo saat membacakan pidato pengantar Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, pada penutupan masa persidangan II dan pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2021, Senin 13 September 2021, seperti dikutip dari Antara.

Hal ini diharapkan agar dimiliki payung hukum yang kuat dalam melaksanakan penanggulangan bencana di provinsi setempat. Kemudian selain melanjutkan tahap pembahasan rancangan peraturan daerah yang belum selesai, juga akan dibahas empat raperda lainnya dalam masa persidangan III ini.

BACA JUGA:   HUT RI ke 76 Momentum Berjuang Melawan Wabah Covid-19

Meliputi raperda tentang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalteng 2021-2026, APBD Kalteng TA 2022, pengelolaan keuangan daerah, serta dana cadangan pemilihan kepala daerah tahun 2024 mendatang.

“Kami mengharapkan tahapan pembahasan raperda yang belum ditetapkan akan bisa dilanjutkan serta dapat merampungkan semua materi persidangan yang telah dijadwalkan sesuai agenda maupun jadwal persidangan yang akan ditetapkan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Reses di Desa Terpencil, Maryani Sabran Bagikan Mainan Kepada Anak-Anak Terdampak Covid-19

Rapat yang dilaksanakan secara virtual tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, serta dihadiri pejabat lainnya, seperti Penjabat Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin serta Kepala Bappedalitbang Yuren S Bahat.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)