Tak Menegur Terkait Krisdayanti Bicara Gaji Anggota DPR, Fraksi PDIP Justru Beri Apresiasi

Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti.

JAKARTA– Pernyataan Krisdayanti (KD) terkait besaran gaji, tunjangan dan dana reses anggota DPR RI mendadak viral.

Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu dikabarkan ditegur oleh Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto. Namun, kolega Krisdayanti di DPR membantah kabar tersebut.

“Enggak ada teguran apa-apa, justru diapresiasi baik oleh pimpinan fraksi,” kata Anggota DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu dalam diskusi daring bertajuk “Gaji dan Kinerja Wakil Rakyat yang Terhormat”, Sabtu (18/9/2021).

Meski demikian, Masinton menyatakan perlu ada yang diluruskan dari pernyataan Krisdayanti terkait gaji dan tunjangan anggota DPR tersebut. Menurutnya, gaji anggota dewan tidak sebanyak yang diungkapkan Krisdayanti.

“Nah terus ada beberapa yang perlu diluruskan memang,” imbuh Masinton.

BACA JUGA:   DPR Gelar Rapat Paripurna Tetapkan Lodewijk Jadi Wakil Ketua

Masinton menegaskan, masalah gaji dan tunjangan anggota DPR telah diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75/2000.

“Itu udah standard gaji dan tunjangan itu,” katanya.

Dijelaskannya, gaji pokok anggota DPR sebesar Rp 4,2 juta setiap bulannya. Namun, mengacu perundang-undangan yang berlaku, memang ada tunjangan-tunjangan untuk kerja-kerja legislasi hingga keluarga.

“Ada tunjangan untuk suami-istri, ada tunjangan anak, uang sidang, ada tunjangan jabatan, ada tunjangan beras untuk empat orang Rp198 ribu kira-kira begitu ya,” tuturnya.

“Ada tunjangan kehormatan, tunjangan komunikasi, dan kalau ditotal itu kira-kira lebih kurang Rp 60 juta lah, lebih kurang yah, persis apanya segala macem saya gak pernah perhatikan detailnya itu. Kira-kira masuk segitu lah,” sambung Masinton.

BACA JUGA:   LaNyalla Dorong Penguatan DPD RI Sebagai Artikulator Kepentingan Daerah

Untuk diketahui, Krisdayanti sebelumnya dipanggil Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto, setelah bicara blak-blakan terkait gaji, tunjangan dan dana reses anggota DPR..

Hal itu diketahui dari unggahan foto di akun Instagram milik Krisdayanti, @krisdayantilemos, pada Kamis (16/9/2021) kemarin.

Anggota Dewan yang karib disapa KD itu mengunggah foto bersama Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adiyanto dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR Bambang Wuryanto.

“Satu rumah, satu visi, satu misi. Alhamdulillah. Ijin senior. Bersama Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR Drs Utut Adianto & Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto Merdekaaa!” tulis KD dalam postingan instragram pribadinya.

(dis/beritasampit.co.id)