Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Targetkan Dua Prodi Raih Akreditas A

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) Dr Sonedi saat peringatan hari ulang tahun (milad) ke-34 UMPR di aula universitas setempat, Sabtu 25 September 2021.//Ist-ANTARA/Rendhik Andika;

PALANGKA RAYA – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Kalimantan Tengah, menargetkan Program Studi (prodi) Farmasi dan Teknik Lingkungan yang saat ini terakreditasi B akan meningkat menjadi akreditasi A.

Saat ini pihaknya terus melakukan persiapan baik sarana dan prasarana termasuk kesiapan sumber daya manusia untuk mencapai target akreditasi A untuk dua program studi tersebut.

Selain itu, pihaknya juga tengah berupaya meningkatkan akreditasi dua program studi yang saat ini masuk kategori C yakni Program Studi Ilmu Komunikasi dan Teknik Lingkungan menjadi minimal terakreditasi B.

“Program Studi Farmasi dan Teknik Lingkungan mudah-mudahan tahun depan akreditasi meningkat dari saat ini yang masih terakreditasi B. Peningkatan akreditasi ini sebagai salah satu instrumen atau pengakuan terhadap kualitas pelaksanaan perkuliahan, sehingga kami akan terus meningkatkan akreditasi program studi yang ada,” kata Rektor UMPR, Dr Sonedi, usai acara peringatan hari ulang tahun (milad) ke-34 Universitas Muhammadiyah Palangka Raya yang dilaksanakan di aula universitas setempat secara daring dan luring, dilansir dari Antara, Sabtu 25 September 2021.

BACA JUGA:   Aplikasi Terpadu Huma Betang, Pemprov Kalteng Puji Pengadilan Tinggi

“Melalui momentum Milad UMPR ini kami akan mempertahankan berbagai capaian yang telah diraih. Kemudian juga akan terus meningkatkan kapasitas dan kualitas baik sarana dan prasarana maupun kemampuan SDM yang ada,” imbuhnya.

Diantara upaya peningkatan sarana dan prasarana itu, saat ini pihaknya tengah melakukan pembangunan gedung dan masjid di lingkungan Kampus 2 UMPR dan pembangunan rumah susun mahasiswa. Selain itu UMPR juga terus meningkatkan akademik para dosen secara bertahap untuk melanjutkan studi S3 dan meningkatkan jumlah dan kualitas karya tulis dan penelitian ilmiah para dosen.

Apabila tembus jurnal internasional akan diberikan intensif akademik. Kemudian juga program pengabdian masyarakat sebagai bentuk kehadiran UMPR di tengah masyarakat

“Di Momen ini kita juga akan semakin hadir langsung di tengah masyarakat. Seperti kita bentuk satgas COVID-19 dan melakukan vaksinasi massal hasil kerjasama dengan kementerian Kesehatan dan Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah,” katanya.

BACA JUGA:   Gubernur Lantik Keanggotaan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng Masa Bakti 2021-2025

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, secara daring mengatakan UMPR harus selalu hadir di tengah masyarakat sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan berkarakter.

“Bina para mahasiswa agar semakin berkualitas dan berkarakter sehingga mampu menjawab tantangan dan perkembangan zaman. Jadikan mereka generasi penerus bangsa yang cerdas yang menjadikan negara ini semakin maju dan bersatu,” kata Haedar.

Sementara itu, Bupati Sukamara Windu Subagio yang juga secara daring mengatakan bahwa kehadiran UMPR sangat dirasakan di wilayah kerjanya terutama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Banyak lulusan UMPR yang kini menduduki jabatan strategis baik di pemerintahan maupun swasta. Untuk itu kami berhadap UMPR akan terus hadir salah satunya untuk meningkatkan kemampuan akademik dan kualitas SDM masyarakat Kalteng dan Sukamara khususnya,” kata Windu.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)