Pemilihan Duta Tambun Bungai Momen Melestarikan Budaya Dayak

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama para peserta dan tamu undangan kegiatan Pemilihan Duta Tambun Bungai Tahun 2021, di Gedung Pertunjukan Terbuka Taman Budaya Palangka Raya, Sabtu 2 Oktober 2021 malam.

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Herson B. Aden menghadiri dan menutup secara resmi seluruh rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Tambun Bungai Tahun 2021, yang dilaksanakan di Gedung Pertunjukan Terbuka Taman Budaya Palangka Raya, Sabtu 2 Oktober 2021 malam.

Herson menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Dia mengucapkan selamat dan sukses kepada para peserta, dimana sejauh ini telah mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Ajang ini merupakan sebuah amanah dan kepercayaan yang menuntut untuk melestarikan Budaya Dayak agar tidak lekang ditelan zaman.

“Disamping itu melalui momen ini akan menciptakan nilai positif bagi generasi muda agar lebih mencintai dan melestarikan kebudayaan daerah dan mampu turut serta mengembangkan Potensi Pariwisata di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

BACA JUGA:   Ada Tiga Tantangan Struktural Dalam Mendorong Pembagunan Daerah Kalteng

Herson apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara kegiatan, yaitu Asosiasi Duta Tambun Bungai yang secara rutin menyelenggarakan kegiatan, karena kegiatan ini merupakan sebuah inisitif dari masyarakat dalam mendukung mengembangkan dan meningkatkan bakat, kreativitas, wawasan, serta kemampuan generasi muda dalam membantu Pemerintah Daerah untuk mempromosikan destinasi wisata, dan sebagai upaya melestarikan nilai-nilai seni budaya Kalteng.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap kepada dinas terkait dapat selalu memberi ruang bagi generasi milenial untuk turut serta mengembangkan diri. Siapapun yang terpilih sebagai pemenang Duta Hatue/Putra dan Duta Bawi/Putri Tambun Bungai Tahun 2021 untuk terus memperluas ilmu pengetahuan, terutama terkait kondisi dan karakter, budaya serta potensi Provinsi Kalteng maupun Nasional,” kata Herson.

Menurut Dia, menyandang gelar yang diperoleh tidak hanya sekedar sebuah kebanggaan, namun harus menjadi sebuah tantangan bagi pemenang untuk mengasah kemampuan dan ilmu pengetahuan, baik dalam bidang akademik di sekolah maupun bidang-bidang umum lainnya.

BACA JUGA:   Ketua PPKHI Kalteng Minta Aturan dan Hukum Penanganan Covid-19 Ditegakkan

Hal senada juga disampaikan oleh Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, bahwa dirinya hadir sebagai bentuk kepedulian terhadap kebudayaan daerah serta bukti nyata kehadiran Polri di tengah kegiatan masyarakat.

“Semoga dengan adanya duta tambun bungai 2021 dapat memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata provinsi Kalteng sehingga dapat dikenal di kanca internasional,” harapnya.

Perlu diketahui, bahwa selama pelaksanaan kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk, dan lainnya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalteng. (Hardi/beritasampit.co.id).