Anggrek Ekor Tikus Kalteng Kategori Terbaik dalam Papua Orchid Show 2021

IST/BERITA SAMPIT - Peserta perwakilan Kalteng (kiri) saat menerima piala pemenang kategori Anggrek Langka pada kegiatan Papua Orchid Show 2021.

PALANGKA RAYA – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cinta Anggrek Spesies Indonesia (CASI) Provinsi Kalimantan Tengah berhasil memenangkan kategori Anggrek Langka pada kegiatan Papua Orchid Show 2021, dalam rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kegiatan Papua Orchid Show 2021 yang dilaksanakan pada 1 – 6 Oktober 2021 ini diikuti oleh 46 perwakilan provinsi, serta kabupaten setempat.

Sekretaris LSM CASI Kalteng, Chandra Ardinata mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memamerkan dua jenis tanaman anggrek yang berasal dari wilayah provinsi setempat.

Dari salah satu yang dipamerkan, LSM CASI Kalteng terdapat Paraphalaenopsis Laycockii atau lebih dikenal dengan Anggrek Ekor Tikus Kalteng, yang masuk dalam kategori tanaman anggrek langka.

BACA JUGA:   Ini Sikap 6 Cabang Terkait Badko HMI Kalselteng di Palangka Raya

“Anggrek Ekor Tikus Kalteng ini merupakan jenis tanaman anggrek yang sudah mulai langka. Hanya ada 4 jenis di dunia dan salah satunya ada di tempat kita. Ini tentunya patut untuk kita jaga,” katanya melalui rilis yang diterima pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Owner Rumah Anggrek Arsyila tersebut menjelaskan, Anggrek Ekor Tikus Kalteng adalah maskot dari Kota Palangka Raya yang jarang ditampilkan dalam pergelaran pameran. Padahal anggrek jenis ini cuma ada empat jenis di dunia yang salah satu satunya di Kalteng.

BACA JUGA:   PAUD Berperan Strategis Dalam Pengembangan SDM, Pokja Bunda PAUD Harus Kerja Maksimal

“Kami sempat bersaing dengan jenis anggrek lain. Walau awalnya sempat diprotes oleh juri kerena kelihatan layu dan kami berusaha untuk meyakinkan tim juri, bahwa ini baru datang, sebentar lagi akan mekar lagi dan Alhamdulillah bisa diterima,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Chandra mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan dukungan agar tim perwakilan dari Kalteng dapat memperkenalkan tanaman anggrek asli wilayah setempat.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BKSDA yang sudah mengizinkan untuk membawa dan memamerkan anggrek ini di pentas Nasional,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).