Nuryakin Membuka Pasar Murah di Barito Timur

SYA'BAN/BERITASAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin saat membuka pasar murah terlihat masyarakat antusias.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin membuka kegiatan Pasar Murah, di Aula Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, pada Selasa 19 Maret 2024.

Nuryakin dalam sambutannya mengatakan bahwa mendekati hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri, biasanya harga kebutuhan akan melonjak naik.

“Jika harga naik dan daya beli masyarakat turun maka bisa terjadi inflasi, hal itu yang menjadi tugas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng agar inflasi bisa stabil dan terkendali, dengan ini diadakanlah pasar murah,” ujar Nuryakin.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi di Buka

Lebih lanjut, Nuryakin mengatakan bahwa total beras subsidi yang disalurkan oleh Pemprov Kalteng di bulan Ramadan ini sebanyak 1.420 ton untuk seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

“Jadi hari ini Berbagi Berkah, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat, sudah kami pastikan pula berasnya premium dengan kualitas yang baik dan sangat layak dikonsumsi,” beber Nuryakin.

Nuryakin menjelaskan, pasar murah di Kabupaten Barito Timur ini tersedia 30 ton atau 3000 paket yang akan dibagi di beberapa titik kecamatan berdasarkan data yang sudah disampaikan oleh pihak kecamatan, untuk Kecamatan Dusun Tengah sebanyak 9 ton atau 900 paket beras murah senilai Rp 175.000 per 10 kilogram.

BACA JUGA:   Rayakan Kemenangan, Tim Paslon Prabowo-Gibran Kabupaten Lamandau Gelar Syukuran 

“Namun, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan subsidi sebesar Rp 155.000, jadi masyarakat hanya membayar dengan harga Rp 20.000 saja, sedangkan khusus bagi janda, duda, ibu hamil, dan lansia akan saya subsidi lagi Rp 20.000, sehingga paketnya gratis,” pungkas Nuryakin.

(Sya’ban)