Ini Harapan Bupati Kotim Untuk Pemuda pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis 28 Oktober 2021.//Ist-ANTARA/Norjani;

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor meminta pemuda menjadi teladan bagi masyarakat dalam membantu pemerintah mengatasi masa sulit pandemi Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi.

Harapan itu disampaikan Halikinnor usai memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93. Kegiatan diikuti pemuda dari berbagai komponen seperti pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan masyarakat umum.

“Pemerintah daerah berharap pemuda dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Seperti saat ini pandemi masih terjadi, kami harap pemuda menjadi teladan dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa dicontoh oleh masyarakat,” kata Halikinnor, dikutip dari Antara, Kamis 28 Oktober 2021.

Menurut Halikinnor, saat ini fokus pemerintah masih pada upaya penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Pemerintah berupaya agar penularan virus mematikan itu bisa diatasi sehingga pandemi segera berakhir.

BACA JUGA:   Damang Kepala Adat MHS Silaturahmi ke Samuda Besar, Begini Harapan Kades

Selain itu, pemerintah daerah juga terus menjalankan berbagai upaya pemulihan ekonomi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Langkah ini diharapkan secara bertahap mampu meningkatkan perekonomian yang sempat lesu agar kembali normal.

Dalam hal pemulihan ekonomi, kata Halikinnor, pemuda dapat mengambil peran melalui berbagai usaha yang digeluti.

Seperti di Kotawaringin Timur saat ini banyak usaha kuliner, konveksi dan jasa yang sebagian besar digawangi generasi muda.

Wirausahawan muda bisa memberi contoh melaksanakan kegiatan ekonomi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Hal ini sangat penting agar pemulihan ekonomi berjalan, namun pencegahan penularan Covid-19 juga tetap dilakukan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Masih Kekurangan Tenaga Pengawas di Korwil 17 Kecamatan

Halikinnor menegaskan, penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi memerlukan dukungan semua pihak. Upaya pemerintah tidak akan maksimal tanpa didukung masyarakat dan semua pihak.

“Kami berharap kita bahu-membahu mengatasi pandemi ini sehingga pemulihan ekonomi juga berjalan dengan cepat. Kita juga tetap harus menaati protokol kesehatan, karena kita tidak tahu kapan penularan virus ini akan berakhir,” kata Halikinnor.

Halikinnor mengajak generasi muda memaknai momen Sumpah Pemuda dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan positif untuk mengisi pembangunan. Pemuda menjadi harapan dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa dan daerah.

(Ant/BS-65)