Musda Badko HMI Kalselteng Resmi Dibuka di Palangka Raya, Enam Cabang Hadir

KAWIT/BERITA SAMPIT - Wasekjen PB HMI Riko Rahman menyampaikan sambutan di Musda Badko HMI Kalselteng di Kota Palangka Raya. Minggu, 30 Oktober 2021.

PALANGKA RAYA – Musyawarah Daerah XXIV Badan Koordinasi Daerah Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Kalimantan Selatan-Tengah resmi dibuka di Kota Palangka Raya.

Kegiatan yang dijadwalkan mulai tanggal 30-31 Oktober 2021 ini dilaksanakan di Aula KAHMI Kalteng dan HMI, Jalan Menteng 25 Palangka Raya pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua PB HMI Raihan Ariatama diwakili Wasekjen PB Riko Rahman.

Dalam laporannya ketua panitia Muhammad Hasan mengatakan bahwa ada 6 (enam) cabang dari 9 Cabang Badko Kalselteng yang hadir.

“Musda Badko HMI Kalselteng dihadiri Enam Cabang terdiri dari HMI Cabang Palangka Raya, Kapuas, Sampit, Cabang Persiapan Pangkalan Bun (Kalteng) dan Banjarbaru serta Barabai (Kalsel),” ucap pria yang juga merupakan sekretaris HMI Cabang Palangka Raya. Minggu, 30 Oktober 2021.

Musda merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di tingkat wilayah regional dalam mengevaluasi kepengurusan, menyusun program kerja hingga pemilihan ketua umum yang baru.

BACA JUGA:   Pasar Ramadan Masjid Kampus Salahuddin UPR Sudah Dibangun

HMI merupakan organisasi yang memiliki AD dan ART yang jelas yang isinya mencerminkan harapan bagi kebaikan himpunan sendiri dan masa depan bangsa.

Ditempat yang sama Ketua Badko Kalselteng Zainudin juga menegaskan bahwa keputusan penetapan HMI Cabang Palangka Raya sesuai dengan hasil Musda sebelumnya.

“Hasil Musda sebelumnya tegas menyatakan HMI Cabang Palangka Raya menjadi tuan rumah,” tambahnya.

Dia menambahkan bahwa nantinya siapapun yang menjadi Ketua Umum Badko Kalselteng bisa merajut semua komponen untuk kekuatan HMI.

“Saya berpesan jaga independensi HMI dan Marwah Organisasi, terlebih mendekati tahun-tahun politik,” imbauannya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Majelis Wilayah KAHMI Kalteng H Abdul Razak diwakili Ketua Harian Suparman mendorong HMI kembali ketujuan awal berdirinya HMI yaitu kebangsaan dan Keindonesiaan.

“Identitas HMI jangan sampai hilang, perlu revitalisasi peran HMI bagi umat dan kebangsaan,” pintanya.

Dia juga menyinggung harapannya soal keberadaan Badko bisa mengakomodir semua cabang demi tercapainya tujuan organisasi.

BACA JUGA:   Bundaran Besar Jadi Lokasi Masyarakat Palangka Raya Menunggu Berbuka Puasa

“Kedepannya agar Ketua yang terpilih tentunya dapat memberikan waktu, tenaga dan pikiran untuk kemajuan organisasi,” pintanya.

Selanjutnya dalam sambutannya wasekjen PB HMI Riko Rahman dalam sambutannya mengatakan bahwa ada beberapa hal kedepannya menjadi fokus bersama HMI khususnya internal dan eksternal itu sendiri.

“Jangan sampai Musda hanya jadi ajang pemilihan ketua, kita harus kembali ke tujuan awal bagaimana merumuskan berbagai kebijakan-kebijakan untuk kemajuan organisasi. Saya juga apresiasi sikap para ketua cabang yang bersikap objektif dan kritis terhadap dinamika organisasi,” tambahnya.

 

Walikota Palangka Fairid Naparin diwakil Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Palangka Raya Sahdin Hasan berharap HMI bisa ikut dalam berbagai pembangunan di Kota cantik ini.

 

Menurutnya pemuda memiliki peran strategis dalam agenda Pembangunan untuk posisi HMI sebagai salah satu organisasi kepemudaan sangatlah penting.

Usai pembukaan, para peserta mulai melakukan persiapan pelaksanaan Musda BADKO HMI Kalselteng.

(Kawit/Beritasampit.co.id)