Ketua DPRD Ingatkan Orang Tua Awasi Anak Kecanduan Gadget

LULUS/BERITA SAMPIT- Doni, SP.,M.Si

PURUK CAHU- Tidak bisa dipungkiri, saat ini gadget sepertinya sulit dipisahkan dari aktivitas sehari-hari orang, termasuk anak-anak. Ke manapun dan di manapun, banyak terlihat orang sibuk dengan perangkat komunikasi tersebut.

Ketua DPRD Murung Raya (Mura) Doni mengatakan, Pengaruh teknologi dengan munculnya smart phone pintar jenis android bisa memberi dampak buruk bagi perkembangan para penggunanya, terutama untuk kalangan anak-anak.

“Sebab kehadiran teknologi ini bisa menimbulkan pribadi seorang anak menjadi pemalas, tidak bisa berkomunikasi secara baik, runtuhnya tata kerama dan sopan santun dalam keluarga, bahkan cendrung seorang anak bisa melawan orang tua serta kalau ada tamu yang datang ketok pintu pun tak diperdulikan diacuhkan dengan tidak dibuka pintu rumahnya,” Kata Doni, Selasa 2 November 2021.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Politisi PDIP ini berharap, peran orang tua supaya mengawasi anak-anaknya dari kecanduan hp. Apalagi, jika hp nya terdapat permainan game seperti perang-perangan yang akan membuat jati diri seorang anak menjadi suka melawan, karena terinpirasi dari sosok tokoh-tokoh yang ada di aplikasi hp nya yang tinggal di download.

“Tentu hal itu tidak baik untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Maka dari itu, saya minta peran orang tua untuk mengawasi anak-anaknya yang menggunakan hp android. Setidaknya supaya di batasi penggunaannya,” jelas Doni lagi.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Ia mencontohkan yang lebih parah pengaruh hp ketika suaminya sibuk main hp atau cating-catingan diruang tamu, sementara ibunya sibuk di dapur dan anaknya sibuk main hp di kamar, sehingga tidak ada komunikasi diantara mereka.

“Oleh sebab itu, upayakan selalu menjalin komunikasi yang baik dalam keluarga dari pada disibukan main hp. Apalagi jika main catting-cattingan,” pungkasnya

(Lulus/beritasampit.co.id)