Polres Kobar ajak Vaksin Warga Bonus Berwisata Susur Sungai

MAN/BERITA SAMPIT : Wakapolres Kobar Kompol Boni Ariefianto,didampingi Kabag Op. AKP Wihelmus Helky, saat pimpin acar Vaksinasi Presesi Wisata.

Program terobosan baru yang digelar Polres Kobar, memang sangat unik lantaran warga masyarakat yang telah mengikuti vaksinasi, selain diberi snack juga dipersilahkan naik ‘Kapal Wisata Susur Sungai’.

Acaranya kali pertama tersebut digelar di Pelabuhan Dermaga Wisata Tanjung Puting (TNTP) yang sudah mendunia di Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar.

Saat acara mau digelar disambut hujan deras, namun warga masyarakat yang berdatangan dari Kota Kumai dan pelosok Kelurahan serta Desa tidak menghiraukan hujan, mereka siap menjadi peserta vaksinasi .

“Acara vaksinasi sambil piknik gratis ini luar biasa karena di Kalimantan Tengah, mungkin juga di Indonesia baru ada di Kabupaten Kobar, warga masyarakat yang telah divaksin diajam piknik susur sungai Kumai”, kata H Wawan Sukma, warga Kumai, kepada penulis.

Lanjut Wawan kalau dirinya belum divaksin langsung akan ikut jadi peserta vaksinasi, karena ada bonus untuk berwisata .

BACA JUGA:   Cegah Banjir Rob dan Abrasi Laut Dengan Tanam Mangrove

“jujur saja, warga di wilayah Kecamatan Kumai dan sekitarnya masih banyak yang belum paham indahnya sungai Kumai, karena kapal-kapal wisata, yang sekarang digunakan untuk wisata susur sungai oleh warga yang sudah divaksin dulunya sering dibooking oleh rombongan turis manca Negara”, ungkap Wawan.

Dengan adanya kegiatan yang digelar Polres Kobar, lanjut Wawan dirinya sangat setuju dan mendukung.

“Bahkan, kedepannya kegiatan ini harus ditindak lanjuti oleh Dinas Pariwisata, atau dinas lainnya misal dilanjutkan menggelar vaksinasi masal lokasi Taman Nasional Tanjung Puting, atau lokasi obyek wisata lainnya di Kecamatan Kumai.

Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Devy Firmansyah, melalui Wakapolres Kobar Kompol Boni Arifianto didampingi Kabag Oprasi AKP Wihelmus Helky, mengatakan kegiatan wisata vaksin presisi ini dilakukan bagi warga masyarakat yang akan berwisata.

Tujuannya dalam rangka percepatan program pemerintah untuk mencapai target kekebalan (herd imunity) masyarakat Kabupaten Kobar, maka secara pararel kegiatan vaksinasi oleh Polres Kobar terus dilanjutkan.

BACA JUGA:   Direktur Alsintan Puji Pemdes Sungai Malawen Bangun Gedung UPJA

Lanjut Wakapolres, kegiatan ini merupakan inisiasi dari pimpinan, yang menyasar ke warga yang ingin berwisata.

“Vaksinasi ini sasarannya ke masyarakat yang akan berpergian ke wilayah wisata, yang mana di tempat ini kita membuka layanan vaksinasi untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan vaksin. Vaksin yang disiapkan sebanyak 200 dosis vaksin merk sinovac,” jelasnya.

Seraya menambahkan, masyarakat yang sudah divaksin untuk mengikuti wisata susur sungai, jumlahnya dibatasi sebanyak 25 sampai 35 orang, dengan pengawasan ketat protokol kesehatan.

Adapun rute wisata susur sungai, mulai dari Dermaga Tanjung Putting menuju arah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Kumai, setelah sampai dipelabuhan Tempenek, balik arah menuju Pelabuhan TPI Kumai dan kembali ke Dermaga Tanjung Putting.

(Maman Wiharja-Wartawan Beritasampit.co.id).