Dies Natalis ke-58, Rektor : UPR Berkarya untuk Indonesia

M.Slh/BERITA SAMPIT - Civitas Akademika UPR sat Foto bersama usai menggelar rapat senat terbuka

PALANGKA RAYA – Memperingati Dies Natalis yang ke-58 Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar rapat senat terbuka di Aula Gedung Pusat Pengembangan lptek dan Inovasi Gambut (PPIIG) UPR, Rabu, 17 November 2021.

Rapar Senat terbuka tersebut mengangkat tema Merajut Kebangsaan dalam Kebhinekaan dengan semangat Huma Betang, UPR Berkarya untuk Indonesia.

Rektor UPR, Andrie Elia dalam sambutannya menyampaikan perkembangan dan prestasi yang telah dicapai kampus terbesar dan tertua di Kalteng ini.

Dikatakannya, secara khusus mengenai tema Dies Natalis ke-58, mengandung makna yang mendalam bagi seluruh Civitas Akademika, dalam mewujudkan visi UPR, yaitu menjadi Perguruan Tinggi terbaik dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. bermoral Pancasila, dan berdaya saing tinggi.

Tidak hanya itu, seluruh Civitas Akademika UPR harus mampu bersatu dalam keberagaman, karena dengan bersatulah UPR dapat mewujudkan karya-karya terbaiknya bagi anak bangsa, sesuai dengan visi UPR.

BACA JUGA:   KSPM GIBEI UPR Borong Penghargaan Nasional

“Selama 58 tahun perjalan sebagai Perguruan Tinggi tertua di Kalteng, UPR telah mengalami perkembangan signifikan melalui berbagai upaya dan kerja keras, yang diwujudkan melalui karya nyata dari seluruh Civitas Akademika, mulai dari unsur pimpinan, dosen, pegawai, dan mahasiswa,” terang Andrie Elia dalam sambutannya.

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Kalteng ini juga menjelaskan bahwa, berawal pada tahun 1963, UPR hanya memiliki tiga fakultas, yaitu Pertanian, Ekonomi, dan Kehutanan.

Namun, berkat dukungan semua pihak, UPR terus berkembang sampai pada 2021 terdapat delapan Fakultas, 54 Program Studi (Prodi), dan Program Pascasarjana yang terdiri dari 11 Prodi S2 dan satu Prodi S3.

“Tentunya hal itu, tidak lepas dari upaya serta kerja keras seluruh Civitas Akademika dalam
mewujudkan Universitas Palangka Raya Jaya Raya,” tuturnya.

BACA JUGA:   Calon Rektor UPR Naturalisasi

Dengan itu juga ia memberikan informasi, pada 2021, mahasiswa UPR sudah mencapai 18.692 orang, dengan 4128 mahasiswa penerima Beasiswa, yang terdiri dari Beasiswa Japan Science and Technology Agency (JST) sebanyak 13 orang, bantuan UKT sebanyak 1144 orang, Afirmasi Adikti sebanyak 40 orang, KIP Kuliah sebanyak 1238 orang, serta Bidikmisi sebanyak 1743 orang. Dalam pembenahan peringkat, pada tahun 2021, UPR berhasil masuk dalam peringkat 76 versi Webometric dari 100 Universitas tebaik di Indonesia.

“Ke depannya, UPR memilki sejumlah target yang ingin dicapai, yaitu mendapatkan Akreditasi Internasional atau bersertifikat Internasional ISO 9001 sebanyak dua Prodi, lima Prodi terakreditasi Unggul, dan Prodi lain minimal terakreditasi baik sekali,” tutup Andrie Elia.

(M.Slh/Beritasampit.co.id)