Sugianto Temui dan Beri Semangat Warga Terdampak Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meninjau banjir

PALANGKA RAYA – Semangat Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga terdampak banjir.

Dalam kunjungan tersebut dirinya ingin melihat kondisi, untuk dapat memberikan pelayanan dan bantuan secara langsung.

Gubernur menyerahkan bantuan sembako ke warga Mendawai dan sekitaranya. Setelah berbincang dan melihat kondisi warga secara langsung dilanjutkan ke wilayah Pelabuhan Rambang.

“Menyalurkan dua truk beras untuk membantu dapur umum dan lainya untuk warga, dan sekitarnya. Tolong pa Lurah, pa Camat untuk dapat mentata penyaluran posko posko agar warga dapat terlayani,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyambangi warga di tenda pengungsian, di Pelabuhan Rambang, Jumat 19 November 2021, sore kemaren.

BACA JUGA:   Beredar Video IRT Diduga Dianiaya Hingga Berlumuran Darah di Menteng, Polisi Belum Terima Laporan Resmi

Dirinya memberikan semangat dan dukungan moril kepada seluruh warga terdampak banjir yang ada di tempat-tempat pengungsian. Ia berpesan kepada seluruh warga untuk dapat menyikapi musibah yang kerap terjadi pada musim penghujan tersebut dengan sabar.

“Kita harus berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa, agar bencana banjir ini segera selesai, air segera surut, dan bapak ibu semua dapat kembali kerumahnya masing-masing,” ucapnya.

Sugianto Sabran menjelaskan, pihaknya telah meminta kepada para pemerintah daerah dan satuan organisasi perangkat daerah setempat untuk segera menyiapkan dapur umum di tempat-tempat pengungsian.

Selain itu, Gubernur juga telah menginstruksikan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya, untuk dapat melakukan jemput bola terhadap korban banjir yang dalam kondisi sakit.

BACA JUGA:   Kalteng Mampu Turunkan Prevalensi Stunting 3,4 persen, Wagub: Pernikahan Dini Salah Satu Penyebab Anak Stunting

Menurutnya, dalam kondisi darurat seperti sekarang ini kebutuhan pangan dan kesehatan masyarakat harus tetap menjadi prioritas bupati ataupun wali kota yang wilayahnya terdampak bencana.

“Kita melihat kondisi warga yang sakit, langsung dibawa ke RS Doris untuk penanganan, kemudian tim kesehatan juga dilapangan untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan. Kami Pemprov Kalteng terus berupaya untuk membantu warga secara bertahap, dan juga membantu daerah dalm upaya penanganan,” pungkasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)