BPBD Katingan Mulai Salurkan Bantuan Banjir

IST/BERITA SAMPIT – BPBD Kabupaten Katingan saat menyerahkan bantuan ke Kecamatan Kamipang.

KASONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan mulai melakukan pendistibusian logistik ke warga terdampak banjir di Tiga Kecamatan wilayah Selatan Katingan. Selasa 23 November 2021.

“Pendistribusian logistik bantuan banjir dari BNPB kepada masyarakat terdampak yang ada di 9 desa dalam wilayah Kecamatan Kamipang, khususnya bantuan ini diprioritas untuk Kepala Keluarga yang terdapat kelompok rentan (lanjut usia, penyandang disabilitas, ibu hamil, dan anak-anak, sakit),” jelas Ketua BPBD Katingan Robi.

Ia menyebutkan pendistribusian bantuan dibagi menjadi dua tahap yaitu di kecamatan Tasik Payawan, Kamipang dan dilanjutkan di Kecamatan Mendawai. Pasalnya, jarak tempuh yang dibutuhkan memakan waktu yang cukup lama menggunakan transportasi air.

“Bantuan dari BNPB ya diantar ke BPBD Katingan, dan kami segera mendistribusikan itu agar segara ada manfaat di masyarakat terdampak. Untuk kelompok yang sama di Kecamatan Tasik Payawan dan Desa Tumbang Bulan Kecamatan Mendawai akan didistribusikan besok pagi,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pemuda Diajak Siapkan Diri Hadapi Bonus Demografi

Bantuan logistik yang disalurkan berupa makan dan lauk siap saji, masker dan matras alas tidur serta selimut. Mantan Kepala BPKD Katingan itu juga menjelaskan kenapa bantuan ini diprioritaskan kelompok rentan, pasalnya sangat perlu mendapatkan perhatian lebih.

“Bukan berarti masyarakat yang lainnya tidak perhatikan, kita prioritaskan bantuan ke kelompok rentan dulu. Semoga bermanfaat membantu warga kita yang terdampak banjir yang sudah dialami sejak bulan Agustus lalu,” bebernya.

Mengenai jumlah bantuan yang disalurkan, Kepala BPBD Katingan belum merinci jelas. Pasalnya bantuan ini terus dihimpun dan akan segera disalurkan.

Terpisah Kepala Desa Tumbang Bulan H Yusran mengatakan banjir yang melanda desanya lebih besar dari banjir sebelumya. Warga terpaksa di dalam rumah membangun  katil atau panggung dari papan agar bisa bertahan.

BACA JUGA:   Tahun 2022, Akan Ada Kenaikan Nilai Suara Sah Untuk Bantuan Keuangan Partai Politik

“Banjir kali ini lebih dalam dari banjir sebelumnya ini hari ke 8, ketinggian air sudah mencapai 187 cm dari dasar tanah,” ungkapnya.

Ia juga mengakui bantuan mulai pihaknya terima salah satunya dari Perusahaan PT Rimba Makmur Utama (RMU), meski begitu hingga sekarang warga masih memerlukan bantuan terutama bahan pokok dan obat-obatan.

“Ada 276 Kepala Keluarga dan 935 Jiwa warga kami yang terdampak. Hingga sekarang belum ada lagi bantuan dari Pemerintah daerah, belum tau lagi apakah ada nantinya,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun berita sampit bantuan logistik yang akan didistribusikan BPBD Katingan ke Desa TUmbang Bulan sebanyak 12 Dus Lauk Pauk, Makan siap saji 4 dus, Selimut 10 buah, matras 15 Lembar dan masker 5 Kotak.

(Kawit/beritasampit.co.id)