Mensos Usul Lokasi Lumbung Sosial di Kalteng

HARDI/BERITA SAMPIT - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, saat sesi wawancara dengan awak media.

PALANGKA RAYA – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini memimpin rapat tanggap darurat daerah terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang berpusat di Hotel Bahalap, Kamis 25 November 2021.

Pada kesempatan itu, Risma menyampaikan, untuk menyiapkan dan mengusulkan lokasi lumbung sosial. Karena lumbung sosial merupakan sarana untuk membantu masyarakat terdampak bencana, yang dimana tetap memiliki akses terhadap kebutuhan pokok.

BACA JUGA:   Wabah COVID-19 Belum Usai, Pelaku Perjalanan Diwajibkan Karantina

Meski demikian, lumbung sosial tidak hanya berisi kebutuhan logistik makanan, namun juga beberapa kebutuhan yang menopang kelangsungan kehidupan sosial masyarakat terdampak bencana.

“Nantinya di lumbung sosial tersebut tidak hanya berisi bahan makanan. Namun bisa berupa genset, bahan bakar, perahu karet, penjernih air, pompa air, tenda, selain juga bahan kebutuhan pokok,” katanya.

BACA JUGA:   Banggar DPR RI Minta Pemerintah Genjot Percepatan Realisasi Anggaran PEN 2021

Lumbung sosial didirikan, akan sangat tergantung dari kondisi geografis dan kebutuhan daerah. Oleh karena itu, kata Risma, pendekatannya bukan administratif melainkan lebih ke kondisi geografis. (Hardi/beritasampit.co.id).