Kasongan Lama jadi Projek Kampung Berkah

ANNAS/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang saat meresmikan Program Kampung Berkah, ditandai dengan pemukulan gong.

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, membuka secara resmi kegiatan pencanangan program Kampung Berkah Korem 102/Panju Panjung di Kabupaten Katingan, bertempat aula kantor Perwira Penghubung (Pabung) Katingan 1015 Sampit, pada Rabu 1 Desember 2021.

Kampung berkah Korem 102/Panju Panjung tersebut lokasi yang dipilih untuk mewakili Kabupaten Katingan yaitu berada di Kelurahan Kasongan Lama. Dimulainya pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, disaksikan Pabung Katingan 1015 Sampit Letkol Inf Suprianto, Wakapolres Katingan Hemat Siburian, Kalapas Kelas IIA Kasongan M Hardy, Ketua Pengadilan Kasongan serta tamu undangan yang hadir.

Wabup Sunardi N.T Litang, menyampaikan atas nama pemerintah daerah Kabupaten Katingan sangat berterimakasih atas gagasan yang sudah di canangkan oleh TNI dalam upaya percepatan peningkatan kualitas hidup masyarakat di desa.

“Hal ini sudah dibuktikan dengan program pencanangan kampung berkah atau pilot projek di kelurahan Kasongan lama oleh Korem 102/Panju Panjung. Harapan saya kedepannya akan bisa bermunculan lebih banyak lagi kampung-kampung berkah yang lain,” jelas Sunardi.

BACA JUGA:   Seorang Pria Paruh Baya di Katingan Ditemukan Tewas Gantung Diri

Pasalnya, gagasan ini diharapkan tidak hanya dilaksanakan oleh TNI saja, melainkan dari Polri maupun pihak lainnya dalam rangka percepatan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Karena upaya percepatan pembangunan ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah kabupaten, tetapi pihak desa sudah diberikan porsi untuk merencanakan dan membangun desanya sendiri. Sekali lagi saya atas nama pemerintah mengucapkan terimaksih kepada TNI, karena TNI adalah bagian dari masyarakat Indonesia. Karena kita ketahui TNI berasal dari rakyat, dan kembali kepada rakyat. TNI pilar penyangga kedaulatan NKRI,” pungkasnya.

Sementara, dalam sambutan Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, yang disampaikan Pabung Katingan 1015 Sampit, Letkol Inf Suprianto, terkait pelaksanaan pencanangan Kampung Berkah tahun ini bahwa semua kabupaten se-Kalimantan Tengah diperintahkan untuk membuat pilot projek.

“Pelaksanaan pilot projek ini ada 5 kriteri, yaitu tentang kemandirian dalam berideologi Pancasila, Berdemokrasi, Perekonomian seperti adanya sentral ekonomi peternakan dan perikanan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan Kemandirian dalam menyaring budaya luar yang akan masuk ke daerah, serta mampu menciptakan keamanan yang kondusif.

BACA JUGA:   Harga Semakin Anjlok, Wakil Ketua DPRD Katingan Minta Perhatikan Nasib Petani Sawit

“Dengan kriteria itu, maka kami menunjukan Kelurahan Kasongan Lama sebagai pilot projek. Dan ini dilaksanakan secara serentak di setiap daerah se- Kalteng oleh Dandrem 102 Panju Panjung. Semoga pilot projek ini dapat berjalan baik dan lancar,” jelasnya.

Dengan dicanangkannya Kelurahan Kasongan Lama sebagai Kampung Berkah. Lurah Kasongan Lama, Dirmansyah, berharap program tersebut dapat membantu masyarakat khususnya kelurahan kasongan lama dan pada umumnya Kabupaten Katingan dalam menghadapi pada masa pandemi covid-19.

“Alhamdulillah, Kabupaten Katingan sudah zona hijau. Kelurahan Kasongan Lama juga sudah masuk zona hijau. Harapan kita dengan di tunjuk sebagai Kampung Berkah di Kelurahan Kasongan Lama tentunya dapat terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif, serta terciptanya ekonomi mikro di tengah masyarakat,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)