Borneo Sarang Paruya dan AJV Kalteng Bantu Warga Gunung Mas yang Gangguan Jiwa

AULIA/BERITA SAMPIT - Anggota Ormas Borneo Sarang Paruya saat mengantar orang dengan gangguan jiwa ke Kalawa Atei.

PALANGKA RAYA – Sebagai salah satu Ormas kedaerahan yang berjuang untuk masyarakat Dayak, Borneo Sarang Paruya (BSP) Kalteng tidak hanya memperjuangkan dan melestarikan adat budaya Dayak.

Tapi, Ormas yang memiliki ribuan anggota ini juga bertanggung jawab secara moral, sosial dan kemanusiaan dengan cara membantu masyarakat yang tidak mampu.

Seperti yang dilakukan BSP pada Minggu 05 Desember 2021, sejumlah Panglima (pimpinan cabang BSP) dan anggota mengantarkan salah seorang warga Gunung Mas yang memiliki gangguan jiwa ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei.

Salah Satu Pimpinan Cabang BSP Sumpit yang turut mengantarkan, mengatakan kalau hal ini juga perintah langsung dari Panglima Ketua Umum BSP.

BACA JUGA:   Ketua Koalisi Masyarakat Adat dan Ormas Dayak Kalteng Minta Edy Mulyadi Ditindak Secara Hukum

“Kita berjumlah 12 orang yang menjemput langsung saudara kita dari Gunung Mas yang diduga mengalami depresi dan gangguan jiwa untuk berobat ke RSJ Kalawa Atei,” kata Sumpit Minggu 05 Desember 2021.

Terpisah Ketua Umum BSP Kalteng Wiliy Tawung Uju menjelaskan, sebelumnya ada laporan tentang salah seorang warga Gunung Mas yang diduga mengalami gangguan jiwa dan juga orang tidak mampu.

“Makanya saya minta Anggota BSP untuk menjemput untuk diobati di Kalawa Atei, ini juga salah satu tujuan kita untuk membantu sesama,” ungkap Wily.

BACA JUGA:   Mahasiswa Kobar di Palangka Raya Dapat Beasiswa Ristek BRIN

Dirinya juga berterima kasih kepada Aliansi Jurnalis Video (AJV)/DPW Kalteng yang sudah sangat membantu.

“Kita bersyukur dibantu rekan-rekan Wartawan dari AJV Kalteng, sehingga saudara kami (salah satu warga Gunung Mas) bisa menjalani perawatan di Kalawa Atei,” ujar Ketua Umum Organisasi sayap Gerdayak ini.

Willy juga berterima kasih kepada Pihak RSJ Kalawa Atei, terutama untuk Direktur, Dokter Reza. “Kita terbantu sekali dengan pelayanan pihak Kalawa Atei yang langsung memberikan perawatan kepada warga Gunung Mas yang kami antarkan,” pungkas Willy. (Aulia Mirza/beritasampit.co.id).