Kemenkumham Kalteng Raih Penghargaan Ditjen Perbendaharaan

Pihak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah menyerahkan piagam penghargaan pengelolaan keuangan kepada Kanwil Kemenkumham Kalteng di Palangka Raya, Rabu 15 Desember 2021. ANTARA/Kanwil Kemenkumham Kalteng

PALANGKA RAYA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah meraih penghargaan terkait kinerja penyusunan laporan keuangan unit akuntansi pembantu pengguna anggaran wilayah mitra kerja dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalteng..

“Ini menunjukkan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalteng telah berhasil mengelola keuangan dengan sangat baik,” kata Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya dikutip dari Antara, Kamis 12 Desember 2021.

“Dalam hal ini, kami mendapat peringkat dua kategori sinergi dan kontribusi dalam pengiriman laporan keuangan, Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) Tahun 2020,” imbuhnya.

Kakanwil mengapresiasi kinerja pegawai di jajaran Kemenkumham Kalteng, terutama dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pada tahun anggaran itu.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia kepada Kemenkumham Kalteng, atas kerjasama, kerja keras, semangat dan kolaborasi dalam penyusunan laporan keuangan,” katanya.

Ia pun berharap, perolehan penghargaan itu menjadi pencetus semangat dalam meningkatkan penyusunan laporan keuangan tahunan. Sehingga, lanjut dia, prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan, atau minimal dipertahankan pada tahun mendatang.

“Mempertahankan lebih susah dari memperolehnya. Namun dengan ini saya harap semua jajaran terus mempertahankan. Bahkan dapat menjadi penyemangat dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang ada,” kata Ilham.

Piagam penghargaan itu diserahkan perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Fahruddin Hasibuan dan Darrin Octavia Siski Hayuningtyas kepada Kakanwil Kemenkumham Kalteng yang diwakili Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara Liyana.

BACA JUGA:   April 2024, Penerbangan Perintis Bandara Kuala Pembuang Mulai Beroperasi

Sementara itu, Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Kalimantan Tengah yang berpusat di Kota Palangka Raya dipimpin Hari Utomo. Setiap pengguna anggaran negara diharapkan melakukan pengelolaan kas yang mandiri, efisien, dan optimal. Sehingga mewujudkan akuntansi dan pelaporan keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan tepat waktu.

Kanwil Ditjen Perbendaharaan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pembinaan, supervisi, asistensi, bimbingan teknis, dukungan teknis dan monitoring. Kemudian evaluasi, analisis, kajian, penyusunan laporan, dan pertanggungjawaban di bidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

(Antara/BS65)