April 2024, Penerbangan Perintis Bandara Kuala Pembuang Mulai Beroperasi

AHMAD/BERITASAMPIT - Kepala UPBU Kuala Pembuang, Muhammad Hariddin.

KUALA PEMBUANG – Hingga saat ini penerbangan perintis di Bandara Kuala Pembuang masih belum beroperasi, karena masih dalam proses kontrak dengan pihak maskapai Susi Air sebagai penyedia angkutan udara perintis. Saat ini masyarakat di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hatantiring sangat menantikan penerbangan perintis bersubsidi itu kembali beroperasi kembali.

Kepala UPBU Kuala Pembuang, Muhammad Hariddin menyebut penerbangan perintis di tahun 2024 ini akan diupayakan pada awal bulan April mendatang, yaitu direncanakan terbang perdana rute Banjarmasin Kuala Pembuang pada tanggal 8 April diharapkan lancar sesuai rencana.

“Pada tahun 2024 ini terdapat dua rute yang beroperasi di Bandara Kuala Pembuang yaitu Palangka Raya-Kuala Pembuang (PP) dua kali seminggu, dan rute Banjarmasin-Kuala Pembuang (PP) tiga kali seminggu, dimana pada tahun 2024 ini terdapat penambahan masing-masing satu kali frekuensi penerbangan disetiap rutenya dibandingkan tahun 2023 yang lalu,”kata Hariddin saat ditemui Berita Sampit di ruang kerjanya, Rabu 27 Maret 2024.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

“Terkait jadwal kalau Banjarmasin-Kuala Pembuang (PP) itu setiap Senin, Rabu dan Jumat. Kalau ke Palangka Raya-Kuala Pembuang (PP), Rabu sama Jumat, terkait harga tiket sama seperti tahun kemarin,” ungkapnya.

Kemudian lanjut Hariddin, bukan hanya ada penambahan pada masing-masing satu frekuensi, tetapi terkait kesinambungan connecting penerbangan juga saat ini sudah sesuai.

“Terkait jadwal penerbangan sudah dilakukan penyesuaian agar berkesinambungan/conecting dengan jam rute ke Jakarta dan begitupun sebaliknya dari Jakarta ke Kuala Pembuang, baik melalui Banjarmasin maupun Palangkaraya, seperti misalnya untuk hari Senin terbang pagi dari Jakarta ke Banjarmasin, nanti dari Banjar langsung lanjut ke Kuala Pembuang dan begitupun sebaliknya, selanjutnya begitu juga dari Jakarta ke Palangka Raya, kemudian dari Palangka Raya langsung lanjut ke Kuala Pembuang dan begitupun sebaliknya,” ungkapnya.

BACA JUGA:   BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pihak Kecamatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial

Sementara untuk hari Rabu dan Jumat tidak tidak terkoneksi karena penerbangan dari Banjar pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB.

“Saya itu target memang di hari Senin karena pengalaman tahun 2023 banyak permintaan dari Banjar itu connect dari Jakarta. Kalau dari Kuala Pembuang ke Banjar conect semua dengan semua pesawat, baik yang Senin, Rabu maupun Jumat conect ke Jakarta. Sementara ke Surabaya juga sama,” pungkasnya.

(ASY)