Perbaikan Instruktur Mendominasi Usulan pada Musrenbang Kelurahan Palangka

IST/BERITA SAMPIT – Suasana saat berlangsungnya Musrenbang di Kelurahan Palangka.

PALANGKA RAYA – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan tahun 2022, masyarakat banyak mengusulkan perbaikan Infrastruktur kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, seperti halnya Kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan di Aula Balai Basara Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Rabu 19 Januari 2022.

Dalam Musrenbang tersebut tentunya diharapkan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan Kelurahan/desa, dengan cara mengakomodir semua potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar.

Babinsa Koramil 01/Pahandut, Kodim 1016/Palangka Raya Sertu Sunardi yang mengikuti rapat Musrenbang tersebut mengatakan, Musrenbang kali ini menggunakan sistem desk, dimana masyarakat bisa menyampaikan aspirasi atau usulannya dan langsung bertemu dengan dinas terkait sesuai dengan usulan yang disampaikan.  Kemudian dilakukan penilaian/scoring (0 s/d 100) berdasarkan urutan prioritas terhadap usulan yang disampaikan sekiranya layak atau tidak untuk dapat dilanjutkan ke Musrenbang tingkat Kecamatan.

BACA JUGA:   Rapat Lokakarya Mini Lintas Sektor Upaya Tingkatkan Sinergitas

“Musrenbang tahun 2022 penilaian usulan yang disampaikan berdasarkan skala prioritas, diantaranya luas wilayah serta jumlah penduduk,” terang Sertu Sunardi.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, usulan yang disampaikan pada kegiatan Musrenbang tahun 2022 adalah usulan yang telah diseleksi pada kegiatan Pra Musrenbang yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Adapun pada pelaksanaan musrenbang Kelurahan Palangka kali ini terdapat 68 usulan, diantaranya Dinas PU dan Tata Ruang sebanyak 48 usulan, Dinas Kesehatan 1 usulan Dinas Polisi Pamong Praja 7 usulan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan 2 usulan, DISHUB 5 usulan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian 4 usulan serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan sebanyak 1 usulan,” tutupnya.

BACA JUGA:   Harga Ayam dan Cabe di Palangka Raya Turun

Musrembang Kelurahan Palangka dihadiri Staf Ahli Walikota, Sekretaris Dinas PU Kota, Sekretaris Satpol PP, Sekretaris Perhubungan, Camat Jekan Raya, Lurah Palangka, Perwakilan Bappeda Kota Palangka Raya, Bhabinkamtibmas, Perwakilan Dinas terkait, Tim Kotaku, Tokoh Masyarakat, serta Ketua RT dan RW se-Kelurahan Palangka.

(M.Slh/beritasampit.co.id)