Wabup Katingan Paparkan Hasil Penelitian Sistem Rekrutmen ASN

Wakil Bupati Katingan, Sunardi menyerahkan hasil penelitian usai sidang skripsi di Fisipol Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Rabu 19 Januari 2022. ANTARA/handout-Fisipol UMPR

PALANGKA RAYA – Wakil Bupati Katingan, Sunardi memaparkan hasil penelitian tentang sistem rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) dan promosi jabatan di lingkungan Pemkab setempat.

Menurut Sunardi, hasil penelitian menunjukkan sistem rekrutmen yang terus berubah, dari cara-cara konvensional ke sistem digital atau terbuka memungkinkan terserapnya para calon ASN yang kompeten, sesuai kebutuhan birokrasi di daerah.

Hal ini disampaikan Wabup Katingan saat sidang hasil penelitian skripsi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR).

Sunardi diketahui menjadi mahasiswa Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fisipol UMPR sejak 2018 pada Prodi S2 Ilmu Administrasi yang Terakreditasi A dari BAN-PT.

BACA JUGA:   Gerai Vaksin Dibuka dekat Masjid Al-Muhajirin Desa Hampalit

Hanya saja pada formasi yang ada, lanjut dia, rekrutmen ASN tidak sepenuhnya bisa mengatasi kebutuhan kualifikasi pegawai dari berbagai bidang tugas.

“Kecenderungan yang ada formasi terkonsentrasi pada rekrutmen guru dan tenaga kesehatan. Padahal daerah juga membutuhkan pegawai lainnya,” kata Wabup Katingan, dikutip dari Antara, Rabu 19 Januari 2022.

Sedangkan, pada promosi jabatan, Pemkab Katingan juga melakukan pola terbuka dengan panitia seleksi jabatan tinggi pratama. Ini untuk memotret figur calon pejabat sesuai yang dibutuhkan organisasi.

Selanjutnya diteruskan kepada daerah selaku pejabat pembina kepegawaian menetapkan satu dari tiga calon pejabat yang direkomendasikan Timsel JPT.

Untuk promosi jabatan pada eselon IV dan III, juga menggunakan Timsel atau semacam konsultan SDM yang memiliki kompetensi dalam pengukur potensi SDM.

BACA JUGA:   Terdakwa Kasus Korupsi Proyek Rawa Lebak di Desa Tewang Baringin Divonis Bersalah

Sementara itu, pada penelitian tersebut, Sunardi memfokuskan sistem rekrutmen sistem merit dengan variable dengan variabel tunggal manajemen sumber daya manusia.

Tim penguji pada sidang itu terdiri dari Dekan Fisipol UMPR Dr (Kand) Irwani, Dr HM Yusuf Dr R Biroum Berdinanto dengan Ketua tim penguji Dr (Kand) Novianto Eko Wibowo.

Tim penguji penelitian skripsi Fisipol UMPR memberikan nilai maksimal untuk Sunardi, karena telah mampu mempertahankan hasil penelitian dari aspek teori dan empirik sebagai pejabat negara di Pemkab Katingan.

(Antara/BS65)