Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Ilustrasi hujan lebat disertai petir

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah besar daerah-daerah di Indonesia mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, Jumat, cuaca tersebut diprakirakan terjadi di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cuaca serupa juga berpotensi melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA:   Wamendag Apresiasi Kementerian dan Pemda Jamin Pasokan Bahan Pokok

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan. Sedangkan Sulawesi Barat diprakirakan mengalami angin kencang.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian Timur, Selat Makassar bagian Selatan dan Utara, Laut Sulawesi bagian Timur, dan Laut Banda.

BACA JUGA:   Kapolri Gelar Rakor Pastikan Ketersediaan BBM Cukup

BMKG mengimbau bidang pelayaran memperhatikan peringatan gelombang tinggi dalam mengedepankan keselamatan pelayaran.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau agar tetap waspada. (Antara/beritasampit.co.id).